bdadinfo.com

Gawat! Penulis Amerika Serikat Demo Mogok Nasional, Acara Hiburan Jadi Kacau, Ternyata Oh Ini Biangnya - News

Gawat penulis Amerika Serikat demo mogok nasional, apa sebabnya sih (sina.com.cn)

- Puluhan ribu penulis Amerika Serikat turun jalan demo pada 2 Mei 2023 di Los Angeles. Lebih dari 11.500 penulis demo turun ke jalan di New York, dan Los Angeles untuk mogok nulis.

Penulis Amerika Serikat demo itu menyerukan kenaikan upah, menuntut kontrak kerja yang adil, dan menolak bekerja untuk AI atau Kecerdasan Buatan.

Penulis demo di Amerika Serikat ini ancam mogok nasional. Mereka turun jalan setelah Writers Guild of America West (WGA) umumkan kenaikan gaji dilaporkan gagal.
 
Pemogokan tersebut telah menyebabkan pembatalan banyak acara TV utama Amerika, dan beberapa serial TV serta film akan ditunda.
 
Baca Juga: Perjalanan Pangeran Inggris ke Timur Tengah untuk Membangun Jembatan Antar Kepercayaan dan Budaya

Dilansir dari Sina.com.cn, pemogokan ini merupakan aksi mogok skala besar yang pertama terjadi di industri hiburan AS sejak 2007.
 
Para penulis yang turun jalan ini menyuarakan aksi protesnya di luar kantor pusat Netflix, melewati kantor Paramount Film Studios, Warner Bros, 20th Century Fox Film Company, Disney, dan Universal Studio.

Ujung tombak pemogokan ini diarahkan pada platform media streaming utama. Platform streaming telah mengubah model tradisional produksi TV dan film, dan itu juga menyebabkan penulis skenario menghadapi krisis eksistensial.

Dengan munculnya era media streaming, episode film dan drama televisi dipersingkat, dan jumlah penulis pun berkurang. Pada saat yang sama, biaya dan pangsa penulis skenario lebih rendah daripada film dan televisi, yang membawa pendapatan penulis skenario menyusut.
 
Baca Juga: Jadwal Cair Dana PIP Kemdikbud 2023 Terbaru, Cek Data Penerima Secara Online Lewat Link Ini

Pemogokan juga dipengaruhi oleh gencarnya alat pembuat AI. Dalam negosiasi ini, WGA meminta perusahaan produksi untuk memastikan penulis skenario tidak akan dipaksa menulis ulang skrip buatan AI. WGA juga menyerukan tidak menggunakan AI untuk menulis ulang skrip lama yang dibuat oleh penulis skenario sebelumnya. Tapi negosiasi juga berakhir gagal.

Aksi mogok ini memiliki slogan anti AI yaitu 'AI tidak dapat menggantikan penulis skenario', 'AI tidak memiliki jiwa', 'Saya meminta Chat GPT untuk menulis slogan, tetapi itu menyebalkan'.

Sebelumnya pemogokan penulis di AS terjadi pada 2007-2008 dan berlangsung selama 100 hari. Saat itu, industri film AS merugi sekitar 2 miliar dolar AS. Upacara Penghargaan Golden Globe Film dan Televisi Amerika 2008 langsung dibatalkan karena hal ini, dan hanya daftar pemenang yang diumumkan.

Kabar terbaru pada saat ini, yang dilansir dari Youtube IDX Channel, Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP) yang mewakili Studio Hollywood sedang dalam pembicaraan kontrak dengan para penulis yang berdemo. AMPTP mengatakan aliansi telah menawarkan kenaikan gaji dua kali lipat hampir mendekati 97 juta dolar. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat