bdadinfo.com

Puluhan Biksu Thailand Berjalan Kaki Menuju Candi Borobudur untuk Hari Raya Waisak - News

Puluhan Biksu Thailand berjalan kaki menuju Candi Brobudur (MPI/Danandaya Arya Putra)

- Wihara Buddha Dharma Margahayu di Kota Bekasi meriah dengan kedatangan puluhan biksu dari Thailand pada Jumat, 12 Mei 2023.

Sebanyak 32 biksu tersebut melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki dari Thailand melintasi Malaysia, Singapura, dan akhirnya tiba di Indonesia.

Mereka singgah sejenak di Wihara Buddha Dharma Margahayu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak 2023.

Baca Juga: Kenang Peristiwa Kerusuhan Mei ‘98, Dipamerkan 250 Foto Tragedi Berdarah di Acara ’25 Tahun Reformasi’

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan, menyatakan kebanggaannya atas kunjungan para biksu ini.

"Kami bangga sekali dan rasa terhormat umat Buddha di Kota Bekasi mendapatkan kunjungan dari 32 biksu atau bhante dari Thailand yang berjalan kaki dari Thailand ke Malaysia, Singapura, lalu ke Indonesia," ucap Ronny," sabtu 13 mei 2023.

Ronny menjelaskan bahwa perjalanan seperti ini, yang dikenal sebagai Thudong, telah menjadi tradisi ratusan tahun yang lalu.

Namun, dikarenakan pandemi beberapa tahun belakangan, perjalanan tersebut tidak dilakukan secara teratur.

Setelah singgah di Kota Bekasi, 32 biksu ini melanjutkan perjalanan mereka menuju Cikarang, Kabupaten Bekasi, sebelum akhirnya mencapai tujuan akhir mereka, yaitu Candi Borobudur.

Baca Juga: Elon Musk Mundur Sebagai CEO Twitter, Kini Beralih ke Peran Produk dan Teknis

Selama perjalanan, para biksu akan mengandalkan dukungan dan sumbangan dari umat Buddha yang mereka temui di sepanjang jalan

Perjalanan berjalan kaki ini diharapkan dapat menjadi momen yang membawa kebahagiaan dan inspirasi bagi umat Buddha di Indonesia.

Dalam menyambut Hari Raya Waisak, umat Buddha dari berbagai wilayah diharapkan dapat saling bersatu dan memupuk semangat kebersamaan dalam mengamalkan ajaran Buddha. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat