bdadinfo.com

Sadar Pemuda Punya Andil Besar, RRI Bukittinggi Gelar Gerakan Cerdas Memilih di ISI Padang Panjang - News

Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang dilaksanakan RRI Bukittinggi di ISI Padamg Panjang (Istimewa)

- Lembaga Penyiaran Publik  Radio Republik Indonesia (LPP RRI) melalui RRI Bukittinggi melaksanakan kegiatan bertajuk “Gerakan Cerdas Memilih” di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Rabu 31 Mei 2023.

Kegiatan yang difokuskan untuk memberi asupan literasi kepemiluan bagi generasi muda yang memili hak pilih itu diselamggarakan secara serentak di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Hoerijah Adam, ISI Padang Panjang itu menhadiri empat orang pemanting yang berasal dari empat elemen.

Baca Juga: Anak Umur 20 Bulan di Pessel Disetubuhi Ayah Tirinya, Kapolres : Pelaku Sudah Kita Tangkap

Diantaranya adalah Rektor ISI Padang Panjang Ketua Himpunan Mahasiswa ISI Padang Panjang, Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang dan Ketua KPUbKota Bukittinggi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura menyebutkan, pihaknya ingin dinamika demokrasi dengan pelaksanaan pemilihan umum terlaksana dengan baik didasari persiapan yang baik pula.  

Dirinya menjelaskan, secara skema, KPU telah menyiapkan menyiapkan pemilu yang saling bersamaan di tahun yang sama dengan tahapan masing-masing.

Baca Juga: Karyawan Warung di Payakumbuh Ditangkap Polisi usai Curi 8 Tabung Elpiji Ditempatnya Bekerja

“Kita berharap dinamika ini kita persiapkan, karena memang KPU secara berjenjang menyiapkan ini bahwa kita di KPU memang siap melaksanakan pemilu di tahun 2024. Walaupun tahapannya nanti saling beririsan antara Pileg, Pilpres, dan Pilkada,” ujarnya.

Ia menyebutkan, masih terdapat persepsi yang keliru dari masyarakat, dimana pemilihan umum serentak itu bermakna dihari yang sama dilakukannya pemungutan suara untuk semua tahapan.

Atas dasar hal itu, Heldo menjelaskan, bahwa yang dimaksut serentak itu adalah pesta demokrasi yang digelar satu tahun penuh, karna digelar pada bulan-bulan yang berbeda.

Baca Juga: Destinasi Wisata Keliling Sumatera Barat, Punya Taman Bunga Mirip di Belanda Hingga Outbound Anak

Lebih jauh, ia mengatakab, pemilihan umum untuk presiden dan wakil presiden , pemilihan untuk legislatif (DPD RI/DPR RI/ DPRD) dilaksanakan di Rabu 14 Februari 2024, sedangkan Pemilihan Umum untuk kepala daerah dilaksanakan di Rabu 27 November 2024 mendatang.

"Iya, sangat akbar sekali dikarenakan pemilu ini serentak dilaksanakan. Tapi, yang terpikir oleh kita adalah Pemilu Legislatif  (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) itu yang serentak. Namun, yang serentak itu adalah tahunnya, bukan hari, tanggal dan bulannya. Jadi, pelaksanaan pemilu serentak itu sama–sama di tahun yang sama," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat