bdadinfo.com

Intip Ritual Sedekah Hutan di Kampus UI, Ini Tujuannya - News

Aksi Bakul Budaya saat menggelar ritual sedekah hutan di kampups UI (Ist)

- Sejumlah civitas akademika Universitas Indonesia atau UI, yang tergabung dalam komunitas Bakul Budaya menggelar ritual penanaman pohon di kawasan kampus kuning tersebut.

Bakul Budaya sendiri adalah singkatan singkatan dari Bareng-bareng Kumpul di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atau FIB UI.

Komunitas ini lahir dari keresahan yang sama para pendirinya terkait tingkat intoleransi yang tinggi di banyak wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Tawuran Pecah di Jogja, Sri Sultan Pernah Ingatkan Ini Kalau Masih Mau Tinggal di Yogyakarta

Menurut mereka, itu terjadi karena minimnya ruang ekspresi dan kebudayaan.

Sejak kelahirannya pada 3 September 2022, aktivitas Bakul Budaya FIB UI fokus untuk menciptakan ruang olah raga, olah jiwa, dan olah rasa melalui beragam aktivitas kebudayaan.

Di antaranya, seperti menari tarian tradisional nusantara, apresiasi budaya, diskusi budaya, kelas budaya, dan darma budaya yang bertujuan untuk mendukung usaha pemajuan kebudayaan nasional.

Bakul Budaya pada kesempatan ini bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atau FIB UI, menggandeng Makara Art Center Universitas Indonesia, yaitu pusat seni dan budaya milik Universitas Indonesia.

Baca Juga: Pengakuan Ironi Siswi SD, Nekat Mencuri Uang Gegara Ketagihan Threesome

Komunitas itu mengadakan pagelaran bertajuk Sedekah Hutan Universitas Indonesia 2023. Kegiatan tersebut berlangsung pada 3 Juni 2023 hingga 8 Juni 2023.

Penyelenggaraan acara ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada 5 Juni 2023.

Dalam rangkaian acara kirab Sedekah Hutan, Bakul Budaya dan Makara Art Center juga melibatkan puluhan seniman tradisi Sunda dari Garut di bawah pimpinan Abah Asep Santana untuk bersama-sama melakukan ritual penanaman pohon sebagai bentuk tanda cinta untuk hutan dan juga alam semesta.

Adapun penari-penari yang dilibatkan dalam ritual ini adalah Emma Wuryandari dan Sufiania Nayasubrata dari Bakul Budaya.

Acara Sedekah Hutan Universitas Indonesia 2023 mendapat sambutan baik dari berbagai pihak seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, PT Pertamina Hulu Energi, dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat