bdadinfo.com

Semakin di Depan! Korea Selatan Sulap Robot jadi Konduktor Orkestra - News

Robot konduktor (Korea Times)

Sebuah robot akan memimpin orkestra untuk pertama kalinya di Korea Selatan pada konser yang dijadwalkan akhir bulan ini.

Orkestra Nasional Korea di bawah Teater Nasional Korea mengatakan akan menampilkan robot sebagai konduktor untuk pertama kalinya pada pertunjukan di Haeoreum Grand Theatre pusat kota Seoul pada 30 Juni mendatang.

Ada beberapa robot konduktor yang akan hadir pada orkestra kali ini seperti robot konduktor Asimo asal Jepang, robot kolaboratif Swiss yang bernama Yumi, robot humanoid kecerdasan buatan generasi kedua bernama Alter 2 dan dan robot Alter 3 yang merupakan generasi ketiga dari seri robot Alter.

Baca Juga: Tinggalkan Real Madrid Demi Al Ittihad, Karim Benzema: Ingin Tinggal di Negara Muslim

Sedangkan robot yang akan memimpin konser mendatang ialah robot android ekspresif secara emosional yang dikembangkan oleh Korea Institute of Industrial Technology (KITECH) setahun yang lalu bernama EveR 6.

Robot yang menyerupai tubuh manusia ini memiliki kekuatan utama pada gerakan leher dan lengan bawahnya yang fleksibel serta presisi.

Hal ini membuat robot konduktor dengan mudah melakukan gerakan yang melibatkan perubahan kecepatan.

Baca Juga: Siap-Siap, Series Original Netflix 'Bloodhounds' Mulai Tayang Hari ini

Untuk pelatihan EveR 6, KITECH menggunakan teknologi "penangkap gerak" yang secara digital merekam lintasan tongkat seseorang melalui lampiran sensor serta teknologi menyimpan daftar kecepatan gerakan tongkat yang memungkinkan robot untuk mengejar kecepatan secara akurat.

Sementara Choi Soo Yeol akan menjad konduktor manusia yang memimpin jalannya orkestra.

Baca Juga: Indonesia dan Malaysia Bersatu Lawan Diskriminasi Ekspor Kelapa Sawit, Jokowi Sampaikan Dukungan Penuh

Setelah menampilkan panggung solo, para konduktor ini nantinya akan menampilkan panggung kolaboratif membawakan satu karya musik bersama.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat