bdadinfo.com

Gelar Pawai LGBT, Polisi Turki Tahan 50 Orang di Istanbul - News

Gelar Pawai LGBT, Polisi Turki Tahan 50 Orang di Istanbul (Ist)

- Polisi Turki menahan setidaknya 50 orang yang tergabung dalam komintas LGBTQ di Istanbul, pada Minggu, 25 Juni 2023.

Komunitas LGBT Istanbul tersebut diketahui mengadakan pawai Pride tahunan mereka, sekaligus mendeklrasiskan soal LGBTQ di negara yang berakar Islam itu.

Presiden Tayyip Erdogan dan Partai AK telah memperkuat sikapnya terhadap kebebasan LGBTQ di negara tersebut.

Baca Juga: Warga Bungus Barat Kota Padang Bantah Lakukan Pengusiran terhadap Mahasiswa KKN di Daerah Mereka

Dalam pernyataannya setelah kemenangan pada putaran kedua bulan lalu, Erdogan juga menuding partai-partai oposisi pro-LGBT.

Pada Minggu, polisi anti huru hara mencegah akses ke Istiklal Avenue, tempat tradisional pawai Pride, yang merayakan dan mempromosikan LGBTQ+, serta Lapangan Taksim pusat.

Jalan-jalan di dekatnya diblokir dan transportasi umum di daerah itu dihentikan.

Pada Minggu sore, ratusan orang yang membawa bendera pelangi dan waria malah berkumpul di Taman Mistik di distrik Sisli.

Mereka meneriakkan slogan-slogan sementara panitia membacakan pernyataan untuk menandai pekan Pride. Bendera pelangi besar digantung di tempat parkir mobil bertingkat di dekatnya.

Sekelompok orang yang membawa bendera pelangi berbaris di jalan-jalan distrik Sisli sebelum panitia meminta mereka untuk bubar.

Polisi menahan lebih dari 50 orang setelah pawai, kata penyelenggara. Kantor Amnesti Internasional Turki mengatakan setidaknya satu orang menderita luka di kepala saat ditahan oleh polisi.

Penyelenggara mengatakan komunitas mereka telah menjadi sasaran Erdogan.

"Kami tidak menerima kebijakan kebencian dan penyangkalan ini," kata Pekan Pride LGBTI+ Istanbul dalam pernyataan mereka, sebagaimana dilansir Reuters.

Di kota pesisir Izmir, kota terbesar ketiga di negara itu, polisi menahan setidaknya 44 orang pada Minggu setelah pihak berwenang melarang pawai Pride, kata Pekan Pride LGBTI+ Istanbul.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat