bdadinfo.com

Pemkot Cimahi Sediakan Anggaran Rp2,5 Miliar untuk Revitalisasi Stadion Sangkuriang - News

Revitalisasi Stadion Sangkuriang (Twitter @bilnyaaq)

- Pemerintah Kota Cimahi telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar tahun ini untuk melanjutkan revitalisasi Stadion Sangkuriang. Bahkan, proyek tersebut sudah dilelangkan saat ini.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, lelang pekerjaan konstruksi revitalisasi Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi telah mencapai tahap pengumuman pascakualifikasi.

"Iya betul, tahun ini kita memiliki proyek konstruksi untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang. Saat ini sudah dalam proses pelelangan," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbidparpora) Kota Cimahi, Achmad Nuryana pada Kamis, 22 Juni 2023.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Jokowi Minta PSSI Jaga Kepercayaan FIFA

Ia menjelaskan bahwa anggaran yang tersedia tahun ini hanya mencukupi untuk pembuatan track jogging dan penutupan saluran di dalam Stadion Sangkuriang.

Proses revitalisasi stadion bersejarah tahap pertama telah dimulai sejak Agustus 2022 dengan menggunakan anggaran sekitar Rp 5,5 miliar. 

Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi, dan digunakan untuk memasang rumput lapangan dan membangun pagar stadion.

Achmad menyatakan bahwa meskipun rumput telah dipasang, lapangan Stadion Sangkuriang belum dapat digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga. 

Hal ini disebabkan karena pertumbuhan rumput yang ideal membutuhkan waktu sekitar satu tahun.

Baca Juga: Soal Bahasa Jawa Kelas 11 dan Kunci Jawaban Sastri Basa Gladhen Wulangan 1: Apa Bedane Geguritan lan Tembang

Ia juga mengungkapkan bahwa revitalisasi Stadion Sangkuriang yang telah dilakukan masih jauh dari perencanaan yang tercantum dalam Detail Engineering Design (DED). 

Berdasarkan studi tersebut, diperlukan dana sebesar Rp 273 miliar agar stadion tersebut lebih representatif.

Namun, sulit untuk memenuhi kebutuhan anggaran tersebut jika hanya mengandalkan APBD Kota Cimahi. 

Terlebih lagi, pada tahun ini pihaknya tidak mendapatkan bantuan keuangan yang signifikan untuk merevitalisasi stadion tersebut.

Meskipun demikian, pihaknya tetap berupaya memperbaiki Stadion Sangkuriang dengan menggunakan anggaran yang telah dialokasikan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat