bdadinfo.com

Wako Bukittinggi Dinilai Ciderai Insan Pers, Wartawan Bukittinggi-Agam Gelar Aksi Protes - News

Puluhan wartawan dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam menggelar aksi solidaritas di depan Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi

- Puluhan wartawan dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam menggelar aksi solidaritas di depan Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi dan Jam Gadang, Jumat 30 Juni 2023.

Gerakan solidaritas tersebut merupakan aksi protes terhadap video dari Wali Kota Bukittinggi yang dinilai menyinggung profesi wartawan.

Rizky Rais, salah satu wartawan yang ikut dalam aksi tersebut mengatakan, pernyataan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dalam video klarifikasi terkait pengungkapan dugaan kasus inses dinilai membatasi kerja jurnalistik.

"Kami tidak setuju dengan pandangan bahwa wartawan harus meminta izin terlebih dahulu untuk meliput acara sosialisasi yang dihadiri banyak peserta dan ditujukan untuk publik. Apapun yang disampaikan oleh kepala daerah di hadapan masyarakat harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik," ujarnya.

Rizky menilai, dalam mengawal kegiatan dan kebijakan kepala daerah, tidak selayaknya wali kota membatasi produk jurnalistik, karena hal itu telah dilindungi oleh UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

Baca Juga: Bupati Tanah Datar Hadiri Salawat Dulang di Jorong Tabu Baraie, Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Ia menegaskan bahwa apa pun yang disampaikan oleh kepala daerah akan menjadi sumber berita bagi para jurnalis, dan tidak boleh ada pembatasan dalam melakukan tugas jurnalistik.

Menurutnya, dalam tugas pengawasan publik, wartawan akan datang baik diundang maupun tidak diundang.

Atas statemen yang dinilai menyinggung profesi jurnalis itu, Rizky mewakili segenap peserta aksi meminta Wali Kota Bukittinggi segera meluruskan pernyataannya

"Tuntutan kita cuma satu, kalau jurnalis mengganggap apa yang disampaikan wali kota itu salah, ya minta maaf," katanya.

Sayangnya, aksi yang digelar ditengah guyuran hujan itu tidak dapat dihadiri oleh Wali Kota Bukittinggi.

Baca Juga: PWI Sumbar Sembelih Empat Ekor Sapi Kurban, Salah Satunya dari Bank Nagari

Kendati demikian, aksi damai itu tetap berjalan kundusif meskupun hanya di depan pagar Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi.

Sebelumnya, Wali Kota Erman Safar sempat menyinggung viralnya pengungkapan kasus inses dalam video klarifikasinya yang tersebar luas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat