bdadinfo.com

Alfamart dan Indomaret di Sumbar, Tidak Ada atau Berganti Nama? - News

Ilustrasi Alfamart dan Indomaret. Keberadaan minimarket waralaba itu dilarang di Padang, Sumatera Barat (Ist)

- Sumatera Barat (Sumbar) merupakan wilayah yang jika berkunjung kesana, tidak akan ditemukan Alfamart dan Indomaret dari dulu hingga sekarang.

Padahal Alfamart maupun Indomaret tersebut merupakan dua retail modern terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Bahkan cakupan bisnisnya sudah sampai keseluruh penjuru nusantara.

Tidak adanya Alfamart dan Indomaret di Ranah Minang merupakan salah satu bentuk komitmen Pemprov Sumbar dalam menjaga keberadaan dari pedagang retail kecil yang ada di daerahnya.

Selain itu, keputusan tidak boleh masuknya dua bisnis waralaba tersebut juga upaya untuk melindungi ekonomi lokal dan mendukung usaha mikro kecil dan mengengah (UMKM) yang ada di Sumbar.

Keputusan ini disambut baik oleh masyarakat setempat, terkhususnya mereka yang memang memiliki bisnis retail menengah-bawah yang ada di wilayah Sumbar.

Baca Juga: Heboh Video 36 Detik Anggota DPRD Minahasa Utara Diduga Selingkuh di Mobil

Baca Juga: Gen Z Patut Berbahagia! Hobi Minum Kopi Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Namun dengan perkembangan zaman saat ini dan apa yang terjadi dalam beberapa tahun belakang, benarkah Alfamart dan Indomaret tidak ada di Sumbar, atau hanya berganti nama?

Dari penelusuran yang dilakukan hingga saat ini, tidak ada satupun retail modern yang ada di Sumbar dengan nama Alfamart dan Indomaret.

Hal ini menunjukan bahwa kedua retail ternama tersebut, tetap belum bisa masuk ke Sumbar, karena memang sudah menjadi komitmen bersama atara Pemprov Sumbar dan masyarakat.

Namun pada tahun 2021 lalu, sempat muncul beberapa aksi demontrasi di lapangan. Dimana aksi dilakukan oleh Aliansi Pedagang Sumatera Barat di kantor Gubernur Sumbar.

Dalam aksi tersebut, mereka menilai ada salah satu retail modern di Sumbar yang disinyalir terafiliasi dengan Alfamart. Menurut mereka retail tersebut adalah Nagari Mart.

Dalam rangkaian aksi tersebut, pemprov Sumbar menerima dengan baik aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Pedagang Sumbar tersebut dan akan menindaklanjutinya.

Baca Juga: Rayakan Hari Kemerdekaan, Inilah 4 Tradisi yang Dilakukan pada Tanggal 4 Juli di Amerika Serikat

Baca Juga: Kualitas Rumput JIS Disebut Ahli Bermasalah, Pemerintah dan PSSI Siap Ganti, Gelontorkan Dana Segini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat