bdadinfo.com

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Membuka Koridor Penghubung Jaringan Tol Trans Sumatera - News

Jalan Tol Padang - Pekanbaru Membuka Koridor Penghubung Jaringan Tol Trans Sumatera (Hutama Karya)

- Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), terus menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Proyek jalan tol ini, yang menjadi koridor penghubung antara Sumatera Barat dan Riau, dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan total panjang mencapai 254 km.

Menurut Direktur Operasi III PT Hutama Karya, Koentjoro, pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru telah mencapai progres yang menggembirakan. 

Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Pendidikan Agama Islam dari Jenjang PAUD sampai ke Jenjang Universitas

"Dari total enam seksi, Hutama Karya telah mengoperasikan seksi Pekanbaru - Bangkinang pada bulan September 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada bulan Januari 2023 lalu," kata Koentjoro, Kamis 13 Juli 2023.

Namun, proses pembangunan Proyek Infrastruktur, Tahap seksi Bangkinang - Koto Kampar dan seksi Padang - Sicincin sedang dikerjakan dengan cepat agar dapat selesai sesuai rencana.

Progres pembangunan Proyek Infrastuktur seksi Bangkinang - Koto Kampar dengan panjang 24,7 km telah mencapai tahap angka 75,13% untuk pengerjaan konstruksi pembangunan mencapai tahapan angka 90,72% untuk pengadaan lahan. 

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa dan WNI Pindah Jadi WN Singapura, Netizen: Apa Untungnya Tinggal di +62

Namun, progres pengadaan lahan tahap seksi Padang - Sicincin sepanjang 36,6 km sudah mencapai tahap di angka 85,82%, dengan progres konstruksi mencapai tahapan di angka 36,57%.

Tiga tahap seksi lainnya, yaitu Sicincin - Bukittinggi, Bukittinggi - Payakumbuh, dan Payakumbuh - Koto Kampar, akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS.

Jalan tol Bangkinang - Koto Kampar akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas struktur, termasuk 13 box underpass, 9 box pedestrian, 7 main bridge, 4 overpass, dan 1 barrier gate. Jalan tol ini akan memiliki empat lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam.

Baca Juga: Gedung Kebudayaan Sumbar Mangkrak, Rencananya Berfasilitas Lengkap mulai dari Ruang Pameran Hingga Auditorium

Pemerintah Provinsi Riau memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan jalan tol ini. 

Namun, Asisten Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Job Kurniawan, menyatakan bahwa keberadaan JTTS akan memberikan dampak besar bagi masyarakat Riau. 

Menurut Asisten Sekda Riau mengungkapkan, keberadaan JTTS diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, sehingga daya saing di Provinsi Riau akan semakin meningkat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat