bdadinfo.com

Deretan Sumando Urang Awak yang Kondang di Indonesia, Nomor 3 Raffi Ahmad Selebriti dan YouTuber Terkenal - News

Deretan Sumando Urang Awak yang Kondang di Indonesia, Nomor. 3 Raffi Ahmad Selebriti dan YouTuber Terkenal

- Sumando, dalam bahasa Minang artinya menantu laki-laki. Kata sumando berasal dari bahasa malayu kuno (su= badan, Mando dari kata Mandah= menumpang sementara).

Sumando artinya menantu laki-laki yaitu seorang suami yang menumpang sementara di rumah istrinya, jadi semua harta adalah milik istri

Jenis-jenis sumando yang ada di Minangkabau dibedakan menjadi 4 golongan yaitu : Rang Sumando Kacang Miang, Rang Sumando Lapiak Buruak, Rang Sumando Langau Hijau dan Rang Sumando Niniak Mamak.

Sumando niniak mamak adalah Sumando yang jadi suri tauladan dan sangat diharapkan semua orang.

Tutur kata dan budi bahasanya yang sangat baik, serta suka membantu kaum keluarga istrinya dan kaum keluarganya sendiri.

Rang sumando niniak mamak ini adalah sebenar-benarnya rang sumando.

Dia adalah orang sama mengatur barang sesuatu dalam keluarga istrinya dan tidak mengambil hak mamak rumah. Dia mengumpulkan yang berantakan dalam keluarga istrinya.

Sumando jenis ini merupakan Sumando yang suka membuat kekacauan, baik di dalam keluarga istrinya maupun di dalam lingkungan kampung istrinya.

Sumando jenis ini akan menjadi momok dan dibenci di lingkungan keluarga maupun kampung istrinya. Ia akan menjadi aib bagi keluarga istrinya.

Rantau sumando adalah laki-laki Minang yang menikah dengan gadis Minang, tentang sumando laki-laki di luar Minang yang beristrikan gadis berdarah Minang yang sukses di perantauan.

Seorang sumando harus patuh kepada mamak di rumah istri, oleh karena ia seperti “abu di ateh tunggua.

Inilah Deretan Sumando Urang Awak yang Kondang di Indonesia yang dilansir dari kanal youtube Kaba Rantau Official sebagai berikut:

Baca Juga: Deretan Titik Banjir Padang Jumat 14 Juli 2023, Ada Yang Sampai 1 Meter

1. Muhammad Jusuf Kalla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat