bdadinfo.com

Ternyata ini Salah Satu Ulama Panutan dari Ulama-ulama di Indonesia Berasal dari Sumatera Barat - News

Syekh Abdurrahman al-Khalidi (Syekh Kumango) (Tarbiyah Islamiyah)

- Indonesia saat ini dikenal sebagai negara dengan penduduk dengan umat muslim terbanyak di dunia. Populasi umat beragama Islam di Indonesia bahkan jauh lebih banyak yang ada di tanah jazirah Arab.

Indonesia yang letaknya sangat jauh dari awal mula munculnya ajaran Islam yang dibawakan oleh Rasulullah Muhammad SAW di negara yang saat ini kita kenal sebagai Arab Saudi tentunya punya andil besar dari banyak pihak.

Selain para pedagang, para ulama-ulama tanah air yang giat mempelajari ilmu agama hingga ke seluruh penjuru tentunya juga mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan Islam di Indonesia termasuk di Sumatera Barat.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Pahlawan Nasional Asal Sumatera Barat yang Berani Sindir Pangeran Philip dari Inggris

Sumatera Barat sendiri juga terkenal sebagai wilayah di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang kental dengan agama terkhusus, agama Islam.

Provinsi Sumatera Barat dikenal sebagai tempat pembelajaran agama Islam bagi para masyarakat yang ingin mendalami ilmu agama.

Syekh Abdurrahman al-Khalidi, atau disebut juga Syekh Kumango merupakan salah satu ulama yang menjadi panutan dari ulama-ulama yang ada di Indonesia. Syekh Kumango hidup pada abad ke 19 dan meninggal pada tahun 1899.

Baca Juga: Hah, Emang Benar Tidak Ada Habib yang Mau Tinggal di Sumbar? Begini Penjelasannya

Dirinya merupakan ulama asal Sumatera Barat yang  belajar ilmu agama hingga ke Kota Madinah dan kemudian menyebarkan ajaran agama Islam di Sumatera Barat dan juga di Indonesia. Adapun Syekh Kumango sendiri dimakamkan di Sumatera Barat.

Syekh Kumango memiliki salah satu warisan yang saat ini masih diteruskan oleh para masyarakat yakni silek Kumango atau dalam bahasa Indonesia berarti Silat Kumango.

Silek Kumango merupakan silek khas Minangkabau yang lahir di Nagari Kumango, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca Juga: Tebing di Tepi Jalan Lubuk Basung-Bukittinggi Tertutup Longsor, Akses Jalan Masih Buka Tutup

Syekh Kumango disebutkan menguasai tarekat-tarekat Naqsyabandiyah dan Samaniyah yang kemudian diwariskan dan diajarkan kepada murid-muridnya. Adapun Syekh Kumango sendiri tidak hanya tersohor di Nusantara melainkan juga hingga ke luar negeri.

Syekh Kumango sendiri semasa hidupnya dikenal sebagai seorang alim ulama yang gemar belajar ilmu agama serta mempunyai ilmu bela diri yang pandai.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat