bdadinfo.com

Satu-satunya Jenderal Bintang 4 Dari Sumatera Barat, Inilah Profil Awaloedin Djamin - News

Jenderal bintang 4 sumatera barat, Awaloedin Djamin (youtube mulifa chanel)

- Sosok Awaloedin Djamin menjadi sosok satu-satunya jenderal bintang 4 yang berasal Sumatera Barat atau Minangkabau.

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada 26 Desember 1927, Awaloedin Djamin juga dijuluki sebagai bapak satpam Indonesia atau pendiri satpam pada tahun 1980.

Dirinya menjadi sosok pencetus ide dan gagasan sistem keamanan keliling atau siskamling.

Baca Juga: 4 Wilayah di Sumatera Barat dengan Potensi Suhu Tertinggi 17 Juli 2023, Padang Salah Satunya

Perjalanan hidup awal Awaloedin Djamin tidak hanya sekedar menghabiskan hidup di dalam tubuh kepolisian saja tetapi juga bergerak dan mengabdi di berbagai tempat lainnya.

Tercatat ia pernah berkontribusi di bidang pendidikan dengan menjadi dosen di PTIK serta pengajar di Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhanas.

Selain itu, Awaloedin Djamin juga tercatat pernah menjadi anggota DPR GR pada tahun 1964-1966, anggota MPR RI pada tahun 1971, dan pernah menjadi menteri tenaga kerja pada tahun 1966 sampai 1968.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, Awaloedin Djamin pernah ikut serta dalam perang gerilya di Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai anggota tentara pelajar.

Baca Juga: Resep Pempek khas Palembang, Kreasi Masakan Favorit Tanah Sumatera Selatan yang Mendunia

Ia menjadi bagian dari Pemerintahan Darurat Republik Indonesia atau PDRI yang berpusat di kota Tanah Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bahkan sebelum menjadi Kapolri pada tahun 1978, Awaloedin Djamin pernah menjadi duta besar RI di Republik Federasi Jerman.

Dengan keberanian dan ketegasannya saat menjabat sebagai Kapolri, Awaloedin Djamin berhasil menindak tegas semua polisi-polisi nakal yang melanggar dalam kelembagaan Kepolisian Republik Indonesia kala itu.

Dirinya juga menjadi pencetus ide dan gagasannya mengenai sistem keamanan keliling atau siskamling yang melibatkan masyarakat sebagai penjaga keamanan.

Terbukti saat itu sistem siskamling yang dia rancang berhasil menurunkan angka kejahatan dan kekerasan hingga akhirnya Awaloedin Djamin dinobatkan sebagai bapak satpam Indonesia.

Baca Juga: Ngeri! 3 Makhluk Mitologi Asal Sumatera, Sosok Ini Kerap Menyesatkan Manusia di Hutan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat