bdadinfo.com

Populasi Penduduk Sedikit, SD Negeri 27 Cangkiang Agam Hanya Menerima 3 Murid Baru - News

Siswa baru di SD 27 Cangkiang, Kabupaten Agam tetap belajar meski hanya tiga orang (Harianhaluan.com/Vesco)


- Pada Tahun Ajaran Baru 2023/2024, SD Negeri 27 Cangkiang, yang terletak di Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, hanya menerima tiga murid baru. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Sekolah, Junita Murni, Senin 17 Juli 2023.

Ia mengungkapkan bahwa jumlah tersebut sesuai dengan sistem zonasi, mengingat populasi penduduk di daerah tersebut relatif sedikit.

"Tahun ini kita hanya mendapat tiga murid baru untuk kelas 1 sesuai zonasi," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Bencana, PT Semen Padang Kirim Sembako dan Relawan TRC ke Agam

Selain hal itu, menurut Junita, menurutnnya jumlah siswa di sekolah rersebut akibat sekolah yang berada di antara dua SD besar. Hal itu berpengaruh jika mekanisme penerimaan murid baru tetap memakai sistem zonasi.

Selain itu, populasi penduduk yang sedikit juga menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam penerimaan siswa baru di daerah itu.

"Salah satu faktornya memang karena itu, penduduknya memang sedikit, ditambah faktor geografis diapit dua sekolah besar," ungkap Junita Murni.

Baca Juga: Breaking News! Bus MPM Masuk Jurang di Sitinjau Lauik Kota Padang

Kendati demikian, kepala sekolah telah berkoordinasi dengan wali nagari dan wali jorong untuk meningkatkan jumlah siswa.

Namun dalam tiga tahun terakhir, jumlah murid di sekolah tersebut tak jauh dari angka 60 orang siswa.

Junita Murni menjelaskan bahwa tahun ini, total keseluruhan jumlah murid hanya 55 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 30 siswa yang berasal dari warga lokal, sedangkan sisanya merupakan siswa pindahan.

Baca Juga: Tinjau Sekolah Terdampak Longsor, Bupati Harapkan Akses Jalan Segera Dibersihkan

Meskipun demikian, SD Negeri 27 Cangkiang telah menunjukkan prestasi yang gemilang, seperti penghargaan Adiwiyata dan keberhasilan dalam berbagai lomba bidang studi. Keberhasilan tersebut tetap dapat diraih oleh sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1984 itu.

Meskipun jumlah muridnya tidak pernah mencapai 100 orang, sekolah yang sebelumnya bernama SD 48 itu tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa-siswanya.

Meski memiliki tantangan dalam jumlah murid yang sedikit, SD Negeri 27 Cangkiang tetap bersemangat dan berharap dapat menarik minat lebih banyak murid di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat