bdadinfo.com

KH Agus Salim, Orang Minang yang Berhasil Meyakinkan Mesir, Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia - News

KH Agus Salim diplomat Minang asal Sumatera Barat yang berhasil buat Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. (Yoriesta Afnenda Ramizal )

- Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, muncul pertanyaan siapa yang mau mengakui itu?

Tidak disangka, negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir.

Yup, negara Arab nan jauh di sana yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali. Di balik itu ada peran seorang KH Agus Salim.

KH Agus Salim merupakan tokoh diplomat Indonesia asal Sumatera Barat, berdarah Minang dan berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Dampak peran penting KH Agus Salim tokoh Minang asal Sumatera Barat atau Sumbar yaitu berdiplomasi dengan Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah: Kebijaksanaan Hukum dalam Adat Minangkabau

'The Grand Old Man' atau lelaki yang berhasil meyakinkan Mesir untuk mengakui kedaulatan Mesir.

Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia tidak hanya lisan tapi dalam bentuk tulisan juga.

Bahkan Mesir sampai mengajak negara-negara anggota Liga Arab lainnya untuk mengakui kemerdekaan Indonesia, negara baru Asia Tenggara saat itu.

Julukan 'The Grand Old Man' diberikan kepada Agus Salim atas prestasinya itu.

Baca Juga: Profil Afgansyah Reza, Musisi Berdarah Minang yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Karena pria kelahiran 8 Oktober 1884 di Koto Gadang, Agam Sumatera Barat ini pada tahun 1947 diberikan mandat untuk memimpin misi diplomasi ke Timur Tengah.

Di usianya yang ke 63 tahun, Agus Salim dipercaya oleh Soekarno untuk misi diplomasi ke Timur Tengah di tengah permusuhan Indonesia dengan Belanda.

Misi diplomasi yang dipimpin KH Agus Salim ini tak mudah, karena ia harus berhasil meyakinkan Raja Farouk dan Perdana Menteri Nokrashi Pasha.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat