bdadinfo.com

Pemekaran Sumatera Barat, Sumbar Siap Siap Dipecah Lahir Dua Provinsi Baru Ini, Si Benteng Samudera Hindia - News

Siap siap pemekaran Sumatera Barat, Sumbar dipecah lahir dua provinsi baru ini, Si Benteng Samudera Hindia (Instagram @sanphotographer_mentawais)

- Isu pemakaran provinsi bukan barang baru di Indonesiaa.
Pemekaran provinsi mendapatkan kajian lho, salah satunya yang serius adalah pemkaran Provinsi Sumnatera Barat.

Tahu nggak pemekaran Provinsi Sumatera Barat, usulan yang masuk, Provinsi Sumbar ini bakal dipecah dan lahirkan dua provinsi baru tetangga Sumatera Barat lho. Mana saja itu dua provinsi pecahan dari Provinsi Sumatera Barat yang diusulkan, yuk simak yuk selengkapnya.

Provinsi Sumatera Tengah

Usulan pemekaran Provinsi Sumatera Barat melalui daerah calon otonom baru (DCOB) ini sudah disampaikan lho.

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, Ternyata Ini Alasan Kenapa Orang Minang itu Pelit

Salah satu yang usulan populer dan begitu serius adalah pemekaran Provinsi Sumatera Barat, dengan berdirinya Provinsi Sumatera Tengah.

Inisiator Provinsi Sumnatera Tengah (IPST), yaitu H Zulfikar Atut Dr. Penghulu Besar dan H. Masful sudah lapor ke Presiden Jokowi lewat suratnya untuk memohon dibentuk Provinsi Sumatera Tengah.

Surat tertanggal 27 Oktober 2022 silam itu bernomor surat 01/X/IPST-2022 yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia dan ditembuskan kepada sejumlah lembaga tinggi negara, seperti Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Menteri Dalam Negeri, serta Gubernur Sumbar, Riau dan Jambi.

Baca Juga: Mengenal 5 Makanan khas Jambi yang tidak boleh dilewatkan oleh Wisatawan saat berkunjung

Dalam usulan atau proposal Provinsi Sumatera Tengah yang diajukan, provinsi ini terdiri dari kabupaten di lintas 3 provinsi sekitar Sumatera Barat.

Dalam usulan yang disampaikan ke Presiden Jokowi, wilayah dari Provinsi Sumatera Tengah itu mencakup daerah Kota Sungai Penuh, Kabupaten Bungo, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok Selatan.

Nah sampai kini belum jelas nih status usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah yang dimekarkan dari Provinsi Sumatera Barat dan dua provinsi lainnya.

Baca Juga: Mengenal 5 Tempat Wisata Jambi yang Populer, Salah Satunya Ditetapkan UNESCO Global Geopark

Provinsi Kepulauan Mentawai

Nah selain usulan Provinsi Sumatera Tengah, ada usulan pembentukan atau pemekaran Provinsi Sumatera Barat yakni Provinsi Kepulauan Mentawai.

Secara geografis lokasi Kepulauan Mentawai ini dipisahkan oleh lautan di sisi selatan Sumatera Barat dan terpisah dari Pulau Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat