bdadinfo.com

Kota Pekanbaru, Riau VS Kota Padang 2023, Siapa Lebih Unggul dan Keren Ya? - News

Kota Pekanbaru, Riau VS Kota Padang 2023, Siapa Lebih Unggul Ya?

- Kota Pekanbaru adalah ibukota dan kota terbesar di provinsi Riau Indonesia kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatera.

Dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan migrasi dan urbanisasi yang tinggi secara geografis kota Pekanbaru memiliki posisi yang sangat strategis.

Yaitu berada pada jalur lintas Timur Sumatera yang terhubung dengan beberapa kota-kota besar di Sumatera seperti Medan Padang dan Jambi dengan wilayah administratif yang diapit oleh Kabupaten Siak pada.

Baca Juga: Inilah Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau, Dijamin Segar Banget!

Bagian utara dan timur sementara di bagian barat dan selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Kampar kota ini dibelah oleh Sungai Siak yang mengalir dari Barat ke Timur dan berada pada ketinggian berkisaran antara 5 sampai 50 meter di atas permukaan laut.

Kota Pekanbaru ini juga termasuk beriklim tropis yaitu dengan suhu udara maksimumnya berkisar antara 34,1 derajat Celcius hingga 35,6 derajat Celcius dan suhu minimumnya di antara 20,2 derajat Celcius hingga 23.0 derajat Celcius.

Sebelum tahun 1960 Pekanbaru hanyalah kota dengan luas 16 km2 yang kemudian bertambah menjadi 62,96 km2 dengan 2 Kecamatan yaitu Kecamatan senapelan dan Kecamatan 50

Selanjutnya pada tahun 1965 menjadi 6 Kecamatan dan tahun 1987 menjadi 8 kecamatan dengan luas wilayah 446,5 nol kilometer persegi setelah pemerintah daerah Kampar menyetujui untuk menyerahkan sebagian dari wilayahnya untuk keperluan perluasan wilayah kota Pekanbaru.

Yang kemudian ditetapkan melalui peraturan pemerintah nomor 19 tahun 1987 Kemudian pada tahun 2003 jumlah kecamatan Pada kota ini dimekarkan menjadi 12 Kecamatan saat ini Pekanbaru telah menjadi kota metropolitan yaitu dengan nama Pekan Sikawan atau Pekanbaru.

Baca Juga: Ternyata ini 3 Daerah Penghasil Durian paling Banyak di Sumatera Utara, Apakah Salah Satunya di Medan?

Siak Kampar dan Pelalawan perkembangan perekonomian Pekanbaru sangat dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan minyak pabrik pub dan kertas serta perkebunan kelapa sawit beserta pabrik pengolahannya posisi Sungai Siak sebagai jalur perdagangan Pekanbaru telah memegang peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota ini.

Penemuan cadangan minyak bumi pada tahun 1939 memberi andil besar bagi perkembangan dan migrasi penduduk dari kawasan lain sektor perdagangan dan jasa saat ini menjadi andalan kota Pekanbaru yang terlihat dengan menjamurnya.

Pembangunan ruko pada jalan-jalan utama kota ini selain itu muncul beberapa pusat perbelanjaan modern diantaranya yaitu ada Plaza senapelan Plaza Citra Plaza suka ramai Mall Pekanbaru Mall SKA, Mall Ciputra Seraya Lotte Mart, Metropolitan Trade Center trade Central, Panam Square Giant Robinson Transmart Pekanbaru dan Living World.

Walau di tengah perkembangan pusat perbelanjaan modern pemerintah kota terus berusaha untuk tetap menjadikan pasar tradisional yang ada agar cepat bertahan diantaranya dengan melakukan peremajaan memperbaiki infrastruktur dan fasilitas pendukungnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat