bdadinfo.com

Mengetahui 5 Provinsi Terluas di Pulau Sumatera, No. 1 Punya Penduduk Hampir 10 Juta Jiwa - News

Wilayah di Sumatera paling luas (Unsplash.com/@Afif Ramdhasuma.)

- Sumatera adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam, pegunungan indah, rumah adat, pakaian tradisional, makanan daerah dan juga tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Bila kita menengok sejenak ada beberapa kota ternama di Sumatera yang memiliki luas dan juga area mulai dari terkecil hingga terbesar, sehingga dipahami bahwa ada 10 provinsi yang di pulau Sumatera.

Namun yang lebih menarik adalah saat ini Sumatera memiliki populasi sebanyak 59.77 juta jiwa pada Juni 2022 menurut data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Suzuki Brand Activation 2023 Ditutup di Cibinong City Mall, XL7 Hybrid Pamer Performa dan Teknologi Terbaru

Mari kita tengok 5 Provinsi di Pulau Sumatera yang paling terluas hingga menjadi salah satu tempat destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara.

  1. Sumatera Selatan

Provinsi yang berada di Ibukota Palembang adalah salah satu Provinsi yang paling terluas di Sumatera. Luas wilayah provinsi ini sekitar 91.592,43 Km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 8,3 juta jiwa.

Provinsi Sumatera Selatan memiliki 17 kabupaten dan kota, provinsi ini memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah terutama di bidang sektor pertanian dan perkebunan.

Provinsi ini merupakan salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, dengan luas area perkebunan kelapa sawit sekitar 1.8 juta hektar, selain kelapa sawit, di wilayah ini juga menghasilkan berbagai komoditas perkebunan seperti karet, teh, dan kopi

Baca Juga: Proyek Monorel Jakarta Mangkrak Belasan Tahun, Rencananya Target Rampung Sebelum 2024 Begini Nasibnya Kini

  1. Riau

Riau adalah wilayah terbesar kedua di Sumatera. Provinsi ini dengan ibukota Pekanbaru ini memiliki luas wilayah sekitar 87.023 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 6.5 juta jiwa.

Riau memiliki sumber daya alam yang besar, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Selain itu, provinsi tersebut juga memiliki sektor pertanian dan perkebunan yang berkembang, terutama di bidang kelapa sawit, karet, dan kelapa.

Sektor pariwisata juga menjadi prioritas utama di Riau, dengan destinasi wisata terbaik seperti Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Pantai Rupat, dan Danau Rawa Pening.

Baca Juga: Gak Hanya Sumatera Barat, Jakarta Punya Segudang Proyek Mangkrak Lebih Banyak! Ancol Jadi yang Paling Parah?

  1. Sumatera Utara,

Provinsi ini memiliki beragam tempat wisata dan keindahan alam yang memukau, wilayah dengan luas sebesar 72.981 km persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 14.56 juta.

Salah satu objek wisata yang populer di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Danau vulkanik ini merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara dan menjadi tempat liburan favorit bagi banyak orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat