bdadinfo.com

Bukan Jakarta, Ini Kota Terbesar di Indonesia: Ternyata Wilayah dari Sumatera Barat Ini Juga Termasuk, Loh - News

Ilustrasi kota terbesar di Indonesia (Unplash)

- Kota adalah cakupan wilayah setara dengan kabupaten karena berada satu tingkat di bawah provinsi. Pembedanya adalah fungsi dan definisi antara keduanya.

Daerah disebut kota karena sebuah pusatnya segala aktivitas sosial seperti layanan jasa, sistem pemerintahan dan pemukiman. Di Indonesia sendiri, terdapat kota-kota yang besar dan maju.

Namun, dalam bahasan ini, kota-kota besar ini dasarkan oleh luas wilayah. Bukan hanya Jakarta, ternyata Padang pun masuk ke dalam jajarannya.

Lalu, kota mana sajakah yang termasuk dan wilayah mana yang paling luas? Simak daftarnya berikut ini:

Baca Juga: Hasil Japan Open 2023: Ahsan/Hendra Sukses Taklukkan Korea, Tantang Junior di Perempat Final

  1. Kota Palangka Raya

Kota Palangka raya adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Pada era Presiden Soekarno, Kota ini jadi salah satu kandidat yang dapat digunakan untuk menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia.

Bahkan, beberapa waktu lalu saat penentuan IKN (Ibu Kota Nusantara), Kota Palangka raya juga diwacanakan lagi sebagai pengganti Jakarta.

Akibatnya, harga properti di kota Palangkaraya naik hingga 5 kali lipat dari harga aslinya. Kota terluas di Indonesia ini sekitar 2.853 km2.  

  1. Kota Dumai

Kota Dumai berada di pesisir pantai pualu Sumatera bagian Timur dan terletak di provinsi Riau. Wilayah hasil pemekaran kabupaten Bengkalis ini memiliki luas 1.727 km2.

Pembangunan di kota Dumai cukup bagus dan disebut begitu maju. Bahkan, saat ini ada infrastruktur seperti akses jalan tol dari Pekanbaru ke Dumai yang termasuk dari ruas Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Hindu-Budha, Peninggalan Masa Klasik di Tanah Minangkabau Sumatera Barat

  1. Kota Tidore Kepulauan

Kota Tidore Kepulauan menjadi kota terbesar ke-tiga berdasarkan luas daerah berikutnya. Wilayah yang terletak di Provinsi Maluku Utara ini memiliki luas sekitar 1.703 km2.

Selain masuk ke dalam kota terbesar, di sini terdapat sejumlah destinasi wisata yang indah. Kota Tidore Kepulauan selalu menawarkan pemandangan yang tak bisa dipungkiri kecantikannya.

Wisata kulinernya pun tak kalah nendang. Salah satu incaran wisatawan adalah Papeda dan kuah kuningnya.

  1. Kota Subulussalam

Kota Subulussalam adalah wilayah baru yang merupakan pemekaran dari kabupaten Aceh Singkil pada tahun 2007. Kota ini terdiri dari lima kecamatan dengan 82 desa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat