bdadinfo.com

Proyek Mangkrak juga Menimpa Stadion Utama Sumatera Barat, Ternyata Ini Alasan Sampai Tak Berprogres - News

Foto Stadion Utama Sumatera Barat pada tahun 2022 yang masih mangkrak belum dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Instagram @stadionutamasumbar)

- Salah satu proyek mangkrak di Provinsi Sumatera Barat yang cukup terlihat dan besar keberadaannya adalah pembangunan Stadion Utama Sumatera Barat.

Stadion megah yang recananya akan hadir di Sumatera Barat ini sampai saat ini belum selesai proses pengerjaannya.

Stadion Utama Sumatera Barat sudah di rencanakan sejak tahun 2015 dan mulai proses pembangunan pada tahun 2018 namun hingga kini belum kunjung rampung.

Baca Juga: Rencanakan Liburan Anda Bersama Orang Tercinta! Sumatera Barat Didominasi Cuaca yang Cerah Akhir Pekan Ini

Sampai tahun 2020 kemarin kabaranya dana APBD yang telah dikeluarkan untuk pembangunan Stadion Utama Sumatera Barat sejak pertama kali direncanakan pada tahun 2015 adalah sebesar Rp500 miliar.

Stadion Utama Sumatera Barat sendiri berlokasi di Nagari Sikabu dan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariamain. Stadion ini dibangun di atas tanah seluas 38,5 hektar.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga dikabarkan telah menghibahkan tanah seluas 1,5 hektar di sekitar Stadion Utama Sumatera Barat kepada Universitas Negeri Padang yang nantinya bertujuan untuk dibuat sarana sport center.

Baca Juga: Siapkan Payung dan Jas Anti Air, Wilayah di Sumatera Barat Ini Diprediksi akan Diguyur Hujan Lagi

Sampai tahun 2021, Stadion ini telah sampai pembangunan tahap ke-7 dan berfokus pada area tribun penonton yang direncanakan mampu menampung lautan manusia hingga 40.000 jiwa.

Dilansir HarianHaluan dari Youtube Ngopi ToAd, seorang anggota DPRD Sumatera Barat bernama HM Nurnas menyatakan bahwa awal perencanaan pembangunan stadion ini adalah untuk menjadikan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Ternyata pada tahun 2018 itu diketahui, bahwasanya PON itu tidak bisa di daerah Sumatera Barat," ucap HM Nurnas.

Baca Juga: Berhasil Mencuri Perhatian Wisatawan Mancanegara, Ini 5 Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Tetapi Sumatera Barat mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional. Hal ini terwujud bahkan pembukaan MTQ Nasional tahun 2020 diadakan di Stadion Utama Sumatera Barat ini yang belum 100% rampung.

Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan bahwa Pemprov Sumatera Barat saat ini belum mampu memenuhi kajian mitigasi dalam pengoptimalan bangunan yang disesuaikan dengan keuangan daerah hasil pemeriksaan BPK.

Kabarnya anggaran penyelesaian pembangunan Stadion Utama Sumatera Barat ini akan dianggarkan pada tahun depan di 2024.

Baca Juga: Rekomendasi Villa Dekat Kaki Gunung Dempo Kota Pagar Alam, Tawarkan View Cantik dengan Fasilitas Ciamik

Sebenarnya lokasi stadion ini sangat strategis karena hanya berjarak 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau.

Kesebelasan Semen Padang FC juga dikabarkan berniat melakukan pemindahan markas mereka ke stadion ini jika nantinya sudah benar-benar selesai.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat