bdadinfo.com

Minang Punya Orang Hebat, Ini Dia Oki Muraza Seorang Ilmuwan yang Berpengaruh bagi Dunia - News

Oki Muraza seorang ilmuawan keturunan Minang yang berpengaruh bagi dunia

- Orang Minang terkenal dengan berdagang dan rantaunya, ada juga loh orang hebat yang ilmunya diakui dan berpengaruh bagi dunia

Yaitu Oki Muraza, Pria keturunan Minangkabau yang masuk sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia.

Ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) kemudian melanjutkan gelar master dari Technische Universiteit Delft (TU Delft) dan PhD dalam bidang Teknik Kimia dari Technische Universiteit Eindhoven.

Baca Juga: Setelah Ramai Dimuat Media Gas 3 kg Langka di Solok Selatan, Akhirnya Pertamina Tambah Pasokan

Pakar energi berdarah Minangkabau Oki Muraza terdaftar sebagai 2 persen tokoh ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

Bahkan menurut Web of Knowledge, Clarivate Analytics, ia juga tercatat sebagai ilmuwan yang paling produktif di bidang catalytic cracking untuk mengolah minyak bumi menjadi BBM dan petrokimia.

Jika mengutip dari Linkedin.com, Oki Muraza saat ini sebagai Senior Vice President, Research & Technology Innovation di PT Pertamina.

Baca Juga: Di Depan Kepala Desa se-Malang, Ketua DPD RI Ingatkan Pengelolaan Keuangan Desa

Ia juga menjalani pekerjaan sebagai Deputy Co Chair, Taskforce Energy, Climate Change and Resource Efficiency (ECCRE) di B20 India dan Associate Editor in Frontiers in Energy Research di Frontiers.

Segudang prestasi telah diukir Pria keturunan Minangkabau ini, Oki dianugerahi Beasiswa Huygens pada tahun 2003-2004, Belanda, UNESCO SFP, TU Delft Scholarship tahun 2002-2004, dan Beasiswa Perusahaan Bahan Kimia Dow tahun 1997-2000.

Ia berhasil memenangkan dana penelitian dari berbagai proyek terbesar di King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) dan menangkan total sekitar US$6,2 juta dari berbagai perusahaan energi dan petrokimia.

Baca Juga: Sejarah Singkat Kerajaan Pagaruyung dari Batusangkar Sumatera Barat, Awal Mula Berdiri sampai Runtuh

Selain itu, berdasarkan laman ristekdikti.go.id, beberapa perusahaan dan lembaga pendanaan memberikan dana hibah sebesar US$6,1 juta.

The American Association for the Advancement of Science (AAAS) merekomendasikan 4 proposal Oki tentang pemrosesan hilir sumber daya hidrokarbon dan energi terbarukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat