bdadinfo.com

Jejak Sejarah Kerajaan Dharmasraya, Kerajaan Kuno Hindu-Budha Berasal dari Tanah Sumatera Barat - News

Foto candi peninggalan Kerajaan Kuno Dharmasraya

- Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya setelah serangan Rejendra Chola I pada tahun 1025 Masehi adalah penyebab munculnya Kerajaan Dharmasraya.

Dengan runtuhnya Kerajaan Sriwijaya telah mengakhiri kekuasaan Wangsa Sailendra atas pulau Sumatera dan semenanjung Malaya.

Tidak lama setelah itu munculah sebuah dinasti baru yang mengambil alih kekuasaan Sriwijaya di Sumatera, yaitu wangsa Mauli.

Baca Juga: Wow! Ternyata Barcelona Coba Bajak Mbappe dari PSG, Tawarkan Tiga Pemain Ini

Wangsa Mauli yang membuat sebuah Kerajaan Malayu periode ke-2 di pulau Sumatera, yang mana dikenal dengan nama Kerajaan Kuno Dharmasraya dan kini bertahan sebagai nama salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat.

Kerajaan Dharmasraya yang didirikan oleh wangsa Mauli pada tahun 1183 Masehi memiliki raja pertama yang bernama Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa, beliau menjadi pendiri dan raja pertama dari Kerajaan Dharmasraya.

Dalam kitab Pararaton Kerajaan Dharmasraya itu sendiri adalah ibu kota dari negeri Bhumi Malayu.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Gelar Kegiatan Pemberian Informasi Langsung ke Komunitas PERSAMI di Padang

Dalam berdirinya, Kerajaan ini dipimpin oleh seorang Tribhuwanaraja atau raja Malayu. Tribhuwanaraja yang keturunan dari Trailokyaraja, jadi bisa dibilang Trailokyaraja dianggap sebagai raja Malayu.

Daerah kekuasaan kerajaan ini tidak hanya Semenanjung Malaya, juga meliputi kamboja, Thailand Selatan, Kelantan, Aceh, Jambi, Palembang, Sunda dan juga Terengganu.

Situasinya politik Kerajaan ini bisa dibilang stabil, tidak ada konflik berat yang terjadi. Mekanisme pemindahan kekuasaan yang teratur tanpa adanya perkelahian antar keluarga.

Baca Juga: 3 Alasan Bule Sangat Suka Nasi Padang : Inilah Rahasia Kenikmatan Makanan Khas Sumatera Barat

Untuk perekonomian Kerajaan Dharmasraya, rakyat setempat melakukan perdagangan.
Sama seperti Kerajaan lainnya, Kerajaan ini juga mempunyai masa keemasannya.

Pada masa pemerintahan Raja ke-5 yaitu Srimat Sri Udayadityawarman Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa atau yang lebih dikenal dengan Adityawarman pada tahun 1347 masehi Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya yang mana wilayah kekuasaan kerajaan Dharmasraya meluas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat