bdadinfo.com

Asal Usul Sejarah Islam di Sumatera Barat Ternyata Dibawah Pengaruh Aceh - News

Asal Usul Sejarah Islam di Sumatera Barat Ternyata Dibawah Pengaruh Aceh

- Kali ini redaksi akan membahas masuknya Islam ke Minangkabau atau Sumatera Barat. Di mana Islam masuk ke Minangkabau diperkirakan sekitar abad ke-7 masehi.

Meskipun begitu ada juga pendapat lain yaitu abad ke-13 masehi namun para sejarawan sepakat menyatakan bahwa penyebaran Islam melalui tiga jalur pertama jalur dagang.

Sebagaimana dijelaskan bahwa Minangkabau selain terletak pada jalur yang strategis dalam hal perdagangan juga merupakan penghasil komoditi pertanian dan rempah-rempah terbesar di pulau Sumatera.

Baca Juga: 12 Ulama Kondang Asal Sumatera Barat yang Dikenal Sepanjang Masa

Seperti lada dan pala potensi demikian mengundang minat para pedagang asing untuk memasuki dan mengembangkan pengaruhnya di Minangkabau dan diantara para pedagang asing tersebut.

Ada pedagang Islam yang mereka juga menyebarkan Islam di sana adanya interaksi dalam hal perdagangan dan pergaulan maka secara tidak langsung mereka juga telah menyiarkan Islam.

Hal ini menunjukkan bahwa penyiaran Islam Ketika itu telah berlangsung meskipun belum terencana dan terprogram.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Sejarah Islam di Sumatera Barat dengan 10 Masjid Tertua yang Membanggakan

Karena itulah banyak diantara tokoh-tokoh Minang tertarik dengan Islam apalagi praktik hidup mereka salah satu yang mendorong dan mudahnya.

Mereka menerima Islam Islam adalah ajaran yang sangat sederhana dan mudah dipahami lagipula budaya dan falsafah adat yang dianut dan sifat yang lebih terbuka memberikan nuansa positif bagi perkembangan Islam di wilayah ini.

Yaitu Minangkabau Namun demikian penyiaran Islam sempat terhenti pada periode ini karena terhalang oleh tindakan Dinasti Cina yaitu Dinasti Tang yang merasa kepentingan ekonominya di Minangkabau Timur

Terancam oleh khalifah Umayyah keadaan ini berlangsung lebih kurang 400 tahun akibatnya perkembangan Islam pun terhenti sampai tahun 1515-1518.

Dekade ini dilakukan melalui pendekatan kultural yaitu disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya masyarakat Minang jalur kedua penyiaran Islam tahap ini berlangsung.

Pada saat Pesisir Barat Minangkabau berada di bawah pengaruh Aceh yaitu sekitar tahun 1286 masehi sampai 1522 masehi sebagai umat yang telah terlebih dulu masuk Islam pedagang Aceh juga berperan sebagai mubaligh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat