bdadinfo.com

Bukti Kuatnya Islam di Sumatera Barat, Masjid Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Tanah Minang - News

Masjid Raya Limo Kaum yang ada di Tanah Datar (YouTube Kanal Kampung)

- Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki nuansa keagamaan yang kuat dan mengakar dalam kehidupan bermasyarakat khususnya agama Islam.

Sebagai agama Islam yang mayoritas, keberadaan agama rahmatan lil alamin tersebut telah tumbuh ada sejak waktu yang lama di tanah Sumatera Barat (Sumbar) hal tersebut terbukti dari keberadaan masjid-masjid yang sudah berusia sangat tua.

Sumatera Barat memiliki sejumlah masjid tua yang ternyata salah satu diantaranya masuk sebagai masjid paling tua di Indonesia, berikut:

Baca Juga: Warisan Budaya Terlupakan, Gelumpai, Naskah Kuno di Palembang yang Ditulis pada Media Bambu

Masjid Raya Ganting

Masjid yang terletak di Kec. Ganting, Padang Timur, Padang merupakan masjid yang telah ada sejak abad ke-17. Pada awal dibangun pada 1790, masjid ini hanya terbuat dari kayu dan atap dari daun rumbia.

Masjid ini awalnya berdiri di tepi Sungai Batang Arau yang kemudian sempat dirobohkan penjajah Belanda karena ingin membuat jalan ke Teluk Bayur. Sebagai gantinya, pada 1805 didirikan masjid pengganti dengan arsitektur Timur Tengah.

Baca Juga: Deretan 18 Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera, Sumbar Kalah dari Sumut Sang Juara

Surau Tuo Taram

Terletak di Jorong Cubadak, Nagari Taram, Harau, Lima Puluh Kota dan didirikan oleh syeikh yang menyebarkan agama Islam serta kegiatan pembelajaran ilmu agama di wilayah tersebut pada abad ke-17.

Meski saat ini telah dipugar, namun bangunan tersebut tetap mempertahankan struktur asli.

Baca Juga: Indikator Sebut Suaranya Bisa ‘Bawa’ 2 Kursi DPR, Andre Rosiade: InsyaAllah

Masjid Raya Asasi

Masjid tersebut terletak di Padang Panjang dan menjadi yang tertua di kabupaten tersebut. Arsitekturnya dibuat sangat khas dengan masjid ala Minangkabau dan sudah ada sejak tahun 1770.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat