bdadinfo.com

5 Kota Paling Ramai di Sumatera Barat, Bukan Padang dan Ada Daerah yang Diistimewakan Pemerintah - News

Kota Padang (YouTube: Netizen Pasbar)

- Buat kamu yang belum tahu, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki 19 wilayah otonom dan tujuh diantaranya ternyata berstatus sebagai kota madya, lho.

Dari ketujuh wilayah atau kota di Sumbar tersebut diketahui terdapat sebuah informasi yang menarik. Yakni kota yang paling ramai atau paling padat didiami oleh penduduk dalam satu kilometer perseginya ternyata bukan Ibu Kota provinsi, Padang. Wah terus siapa ya?

Tentunya kamu dapat menemukan jawabannya di bawah ini. Berikut lima kota yang paling ramai di Sumatera Barat seperti yang dilansir kanal YouTube Netizen Pasbar.

Baca Juga: Hadiah Mobil Buat 4 Daerah dari Pemprov Riau, Ngurus KTP dan KIA Makin Gampang

  1. Kota Solok

Solok juga memiliki sejumlah informasi menarik, salah satunya adalah kota yang terdiri dari dua kecamatan saja, yaitu: Kec. Lubuk Sikarah, Kec. Tanjung Harapan.

Padahal, menurut peraturan pemerintah, sebuah daerah dapat dikatakan kota apabila memiliki minimal empat kecamatan. Wah bisa gitu ya.

Total luas wilayah Solok 57,64 km2 namun yang jadi pemukiman hanya seluas 25.85 km2 yang dihuni oleh 74 ribu jiwa. Artinya terdapat 2.880 jiwa tiap satu kilometer perseginya.

Baca Juga: Gulai Pisang Muda, Hidangan Khas Bengkulu Cocok Dihidangkan dengan Nasi Hangat: Intip Resepnya Yuk!

  1. Kota Payakumbuh

Kota yang dulunya Ibu Kota Kab. Lima Puluh Kota sebelum dimekarkan tersebut memiliki luas wilayah 80,43 km2 tetapi yang difungsikan sebagai bisnis dan dihuni penduduk hanya 77,48 km2.

Adapun jumlah total penduduk di Payakumbuh adalah 141 ribu jiwa yang pada tiap satu kilometer perseginya terdapat kurang lebih 1.822 jiwa yang tinggal di wilayah itu.

  1. Kota Padang

Banyak yang mengira jika kota Padang adalah kota yang paling padat di Sumbar. akan tetapi, Padang ternyata hanya menempati urutan ketiga.

Baca Juga: Detik-detik Istri Munir Tewas Dibantai Anak Kandung di Depok, Ternyata Ini Pemicunya

Kota yang memiliki luas wilayah sekira 693,66 km2 tersebut ternyata hampir setengahnya digunakan sebagai hutan lindung, suaka alam dan cagar budaya. Smenetara yang dihuni oleh masyarakat hanya sekitar 296,38 km2 saja.

Adapun jumlah total masyarakat Padang sebanyak 913 ribu jiwa yang artinya terdapat 2.304 jiwa dalam satu kilometer perseginya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat