bdadinfo.com

Punya 363 Gereja Kristen dan Katolik dalam Satu Wilayah, Daerah ini Ternyata Masuk Wilayah Sumatera Barat - News

Ilustrasi gereja yang ada di Sumatera Barat (YouTube: Netizen Pasbar)

- Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dikenal sebagai salah satu basis para pemeluk agama Islam. Tingginya angka pemeluk agama Islam di tanah minang bahkan mencapai 97 persen.

Namun, meski mayoritas masyarakatnya beragama Islam, sejumlah daerah di Sumatera Barat tersebut juga memiliki persentase penduduk Kristen dan Katolik yang cukup tinggi.

Bahkan satu daerah diantaranya bahkan memiliki 363 gereja Kristen dan Katolik dalam satu wilayah.  Hal yang cukup sulit dipercaya di tengah mayoritas penduduknya adalah umat Muslim, namun itu adalah fakta yang sangat perlu diapresiasi.

Baca Juga: Sosok Bos Asal Sumatera Utara yang Sedang Bangun Kerajaan Bisnis di Batam, Sudah Beli Tanah 12 Hektare

Berikut lima daerah di Sumatera Barat yang memiliki umat Kristen dan Katolik terbanyak dilansir kanal YouTube Netizen Pasbar.

1. Kabupaten Dharmasraya

Dari seluruh masyarakat yang tinggal di Dharmasraya, Kabupaten ini memiliki 1 persen umat yang agama Kristen Protestan. Dan Kecamatan Sungai rumbai menjadi kecamatan yang penduduk beragama Kristennya paling banyak di Dharmasraya.

Terdapat kurang lebih 3.128 umat Kekristenan yang menetap di Sungai Rumbai. Namun, hanya terdapat satu gereja saja di Dharmasraya sehingga tidak sedikit masyarakat Kristen di Dharmasraya banyak beribadah hingga ke Sawahlunto.

Baca Juga: Mengenal Gorontalo, Provinsi yang Motto Daerahnya Ternyata dari Ulama Asal Sumatera Barat

2. Kabupaten Pasaman Barat

Sebanyak 10.182 umat yang menganut agama Kekristenan diperkirakan tinggal di Pasaman Barat dan mewakili 2,3 persen dari seluruh penduduk yang ada di Pasaman Barat. 

Kecamatan Luhak Nan Duo menjadi kecamatan yang paling banyak dihuni oleh masyarakat beragama Kristen dengan jumlah 3.219 umat. Meski demikian, masyarakat Pasaman Barat sangat menjunjung tinggi toleransi terhadap perbedaan agama maupun suku yang ada.

Terdapat kurang lebih 18 gereja Kristen dan Katolik yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Baca Juga: Batam Mengejar, Superblok Rp5,4 Triliun Bakal Dibangun sama Bos Asal Medan, Singapura Siap-siap

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat