bdadinfo.com

Lewati Jalan Berlumpur, Srikandi PLN Salurkan Listrik ke Daerah 3T di Sulawesi - News

Lewati Jalan Berlumpur, Srikandi PLN Salurkan Listrik ke Daerah 3T di Sulawesi (Humas PLN )

- Melewati jalan berlumpur, Srikandi PLN menyalurkan listrik ke daerah 3T terdepan, terluar dan tertinggal) di Desa Nesowi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Inilah yang dilakukan Saripa (26), engineer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Sulawesi Tenggara (UP2K Sultra).

”Perjuangan untuk sampai di lokasi itu luar biasa, melewati jalan berlumpur dan genangan air yang dalam. Seringkali mobil yang kami tumpangi terjebak lumpur," katanya.

Baca Juga: Gubernur Cup 2023: Tim Sepak Bola Bank Nagari Akui Keunggulan Tim PLN UID Sumbar

Saripa menyebutkan, perjalanannya menempuh jarak lebih kurang 178 kilometer. Ini merupakan perjalanan panjangnya dan tim guna menerangi membawa terang listrik ke seluruh negeri.

Saripa bersyukur bisa menyalurkan listrik PLN ke masyarakat di Nesowi meski harus melalui medan yang berat. Perjalanan 8 jam dari kota Kendari, baginya tidak seberapa jika dibanding perjuangan kemerdekaan para pejuang republik ini.

“Sudah menjadi perjuangan kita untuk menerangi seluruh pelosok negeri termasuk daerah 3T,” katanya.

Baca Juga: Pertama Kalinya, PLN Revitalisasi Kelistrikan Pakai Teknologi Modern di Istana Kepresidenan Jakarta

Dengan semangat membangun kapasitas perempuan yang anggun, tangguh dan produktif, Srikandi PLN ini mengaku terus berkarya. Berperan aktif dalam melistriki daerah 3T di Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Saripa berhasil mengatasi tantangan berat saat ditugaskan PLN. Termasuk saat melakukan survei perencanaan pembangunan jaringan listrik di Desa Tolala, Kabupaten Kolaka Timur.

Saripa menceritakan butuh waktu 9 jam untuk sampai ke lokasi dengan medan yang ekstrim berupa jalanan tebing batu dan pinggir jurang.

"Saya bersyukur masyarakat di desa juga bisa merasakan manfaat listrik seperti saya, utamanya anak-anak yang bisa belajar di malam hari karena mereka adalah generasi penerus bangsa," katanya.

Pengalaman berbeda diungkapkan oleh Shila (28), Srikandi PLN yang bertugas di PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Makassar. Shila menjadi salah satu motor penggerak donasi karyawan dalam program "Light Up The Dream", yakni program bantuan untuk warga kurang mampu agar tetap dapat menikmati layanan listrik sendiri.

Hasil dari donasi tersebut mampu mewujudkan mimpi Muliati (41), warga Kelurahan Rappojawa Kota Makassar untuk dapat memiliki listrik di rumahnya. Selain penyambungan listrik gratis dari PLN, bantuan ini juga mengurangi urunan tagihan listrik Muliati bersama tetangganya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat