bdadinfo.com

Peringatan Dini BMKG: Sumatera Barat Berpotensi Hujan Besar disertai Petir, Wilayah Ibukota tak Termasuk - News

Ilustrasi Gambaran Cuaca Buruk di Sumatera Barat (BMKG)

- BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memberikan informasi perkiraan cuaca yang tersedia untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sumatera Barat.

Untuk hari Minggu ini, 20 Agustus 2023 diprediksi akan mengalami cuaca buruk seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang yang melanda sebagian besar daerah kota/kabupaten.

Ada beberapa wilayah yang bahkan menerima peringatan dini terhadap cuaca buruk ini. Namun, daerah ibukota Sumatera Barat, Kota Padang, tidak termasuk ke dalam wilayah yang berpotensi ini.

Baca Juga: Mudah di Akses dan Paling Murah! Berikut Salah Satu Destinasi Wisata di Sumatera

Dari pantauan News melalui situs resmi BMKG, terdapat sembilan belas nama daerah yang mewakili wilayahnya yang merupakan nama kecamatan dan kota/kabupaten.

Wilayah yang berpotensi hujan besar ada Arosuka, Batusangkar, Muaro Sijunjung, Padang Aro, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Simpang Empat dan Solok.

Dari semua wilayah yang disebut di atas, Muaro Sijunjung adalah wilayah yang berbeda untuk waktu hujan besar ini akan terjadi yaitu pada sore hingga malam hari.

Baca Juga: Sumatera Barat Semakin Jauh Tertinggal Jika Tol Bakauheni Jambi Tersambung

Sementara wilayah lainnya akan diguyur hujan badai ini pada siang hari hingga menjelang waktu sore hari tiba.

Selain itu, wilayah lainnya juga terpantau akan dilanda cuaca basah, tapi dengan tingkataan intensitas hujan yang berbeda.

Misalnya, wilayah Lubuk Basung di Kabupaten Agam, Parit Malintang di Kabupaten Padang Pariaman, dan Tuapejat di Kabupaten Kepulauan Mentawai diperkirakan akan hujan dengan curah yang sedang.

Baca Juga: Sesak Nafas Saat Bersepeda, Seorang Pria Paruh Baya di Kota Padang Meninggal Dunia

Wilayah Bukittinggi, Lubuk Sikaping, Padang, Padang Panjang, Painan, Pulau Punjung dan Sarilamak mendapatkan cuaca hujan yang ringan.

Paling ringan adalah Kota Padang yang hanya mendapatkan status hujan ringan pagi hari ini dan menjelang siang hingga larut malam nanti diisi oleh langit berawan saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat