bdadinfo.com

Miris, Kondisi Cagar Budaya di Sumatera Barat Ini Kumuh dan Hampir Roboh - News

Kondisi Memprihatinkan Cagar Budaya Eks PT. Buana Andalas di Padang, Sumatera Barat (Instagram.com/Beyubaystory)

- Kondisi salah satu Cagar Budaya di Provinsi Sumatera Barat ini dalam kondisi yang memprihatinkan.

Kondisi memprihatinkan tersebut terjadi pada salah satu Cagar Budaya yang berada di Jl. Batang Arau Kelurahan Padang Arau, Padang Selatan, Sumatera Barat.

Tepatnya, Cagar Budaya tersebut merupakan bekas kantor PT. Buana Andalas yang ada di Sumatera Barat didirikan sekitar abad ke-20.

Baca Juga: Perkembangbiakan Aseksual pada Hewan: Fragmentasi Planaria, Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 92 Semester 1

Bangunan eks PT. Buana Andalas ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya di Kota Padang, Sumatera Barat tertulis dengan No. Inventaris 34/BCBTB/A/01/2021.

Bangunan Cagar Budaya ini terdiri dari dua lantai. Pada bangunan lantai satu Cagar Budaya ini terdapat teras dengan keramik berpola zigzag, sedangkan lantai dua bangunan tersebut tidak memiliki teras.

Namun, bangunan lantai dua du Cagar Budaya ini dibangun dengan lantai atas yang menjorok keluar sehingga sejajar dengan teras di lantai bawahnya.

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Bansi, Keindahan dan Misteri dari Warisan Musik Minangkabau

Jika dilihat dari fasadnya, Cagar Budaya Eks PT. Buana Andalas ini memperlihatkan adanya perpaduan arsitektur Chinese dan Indis.

Arsitektur Tiongkok pada bangunan ini dapat terlihat dari bentuk pintunya yang dibuat dari kayu dan gaya pintu berdaun dua.

Dengan bentuk pintu yang persegi panjang juga cenderung lebar yang berwarna merah sebagai salah satu ciri gaya arsitektur khas Tiongkok.

Baca Juga: Struktur Teks Budi Dhemen Tetulung, Kunci Jawaban Bahasa Jawa Kelas 8 Halaman 11 Gladhen

Selain itu, ciri khas arsitektur Tiongkok pada Cagar Budaya Eks PT. Buana Andalas ini adanya Tou-Kung yang merupakan struktur atap khas Cina yang terbuat dari material kayu.

Sedangkan unsur kolonial yang diperlihatkan oleh Cagar Budaya ini berupa bentuk dinding dengan tebal 30 cm dan bangunan yang cukup tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat