bdadinfo.com

Kenali Pesawat Tempur F15 EX yang Dibeli Menteri Prabowo Subianto untuk Kuatkan Pertahanan Udara Indonesia - News

Kenali Pesawat Tempur F-15 EX, Pesawat yang Dibeli oleh Menteri Prabowo Subianto untuk Kebutuhan Pertahanan Udara Indonesia/Instagram

HARIANHALUAN - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan), Prabowo Subianto baru saja menandatangani nota kesepakatan dengan pembelian 24 pesawat unit jet tempur Boeing F-15EX.

Penandatanganan ini dilakukan bersama dengan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Marsda, TNI Yusuf Jauhari dan Wakil Presiden Direktur dan Manajer Program Boeing Fighters, Mark Sears di fasilitas Boeing di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.

Seperti yang diketahui bersama pada tanggal 10 Februari 2022, bahwa Departemen Luar Negeri AS (Deplu AS) telah membuat keputusan menyetujui kemungkinan dengan Penjualan Militer Asing (FMS) kepada pemerintah Indonesia 36 pesawat F-15 ID.

Baca Juga: Merinding! Legenda Asal-usul Kota Dumai, Kisah 7 Putri Cantik Kerajaan yang Berakhir Tragis

Peralatan yang terkait dibeli oleh Indonesia dengan harga perkiraan biaya sekitar, 13.9 miliar dolar AS (atau setara dengan Rp212.934.100.000.000 Triliun, jika dikalkulasikan dalam bentuk Rupiah).

Kedepan, pesawat F-15 EX sebanyak 24 unit nanti akan memperkuat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), dan pembelian jet F-15 sebagai ganti gagalnya mendatangkan pesawat Sukhoi Su-35 dari Rusia karena ancaman sanksi.

Ada beberapa hal yang harus diketahui mengenal pesawat tempur F-15EX yang dibeli untuk memperkuat sistem alutsista pada Militer Indonesia baik Angkatan Darat, Laut maupun Udara.

Baca Juga: 5 Jajanan Pasar Khas Sumatera Barat, Nomor 3 Dibuat oleh ‘Sagan Karajo’ Orang yang Malas Bekerja

Pesawat F-15 EX, memiliki kinerja mesin yang sangat tinggi dan dilengkapi oleh teknologi modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan pada pesawat saat mengudara.

“Pesawat F-15 EX memiliki struktur yang sangat kuat dengan ukuran pelayanan hingga 20.000 jam terbang. Hal ini juga memberikan keunggulan dalam hal daya tahan dan operasional yang panjang,” seperti dikutip oleh pada ungkapan yang disampaikan oleh Kementrian Pertahanan pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Selain itu juga, Pesawat tempur F-15 EX memiliki beberapa bagian yang perlu kalian ketahui dalam beberapa bagian body pesawat canggih yang akan dipakai sebagai alat untuk memperkuat Angkatan Udara seperti dibawah ini.

Baca Juga: Terbang ke AS, Menhan Prabowo Bawa 'Oleh-oleh' 24 Unit Pesawat Tempur F-15 EX

1. Sistem Avionik Canggih = Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem radar canggih dan avionik untuk mengetahui pesawat yang terdeteksi dan melacak target dengan akurasi tinggi.

2. Kemampuan Survivabilitas = Pesawat tersebut memiliki perlindungan elektronik, yaitu sistem perang elektronik untuk meningkatkan kemampuan saat bertahan hidup di medan perang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat