bdadinfo.com

Merinding! Ini Deretan Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan di Indonesia, 2 Diantaranya Terjadi di Sumatera - News

Ilustrasi kecelakan pesawat terbang. (Pixabay/PIRO4D)

Kecelakaan pesawat tercatat beberapa kali pernah terjadi di Indonesia dengan korban jiwa mencapai ratusan orang.

Tidak seperti angkutan umum lainnya, pesawat yang mengalami kecelakaan sering kali berakibat fatal dan banyak merenggut nyawa korban.

Meski demikian, jumlah kecelakaan pesawat jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan kecelakaan moda transportasi lainnya, seperti bus, kapal laut, kereta api maupun kendaraan pribadi.

Baru-baru ini, terjadi kecelakaan pesawat jet pribadi terjadi di Malaysia yang menewaskan 10 orang yang dua di antaranya adaah pengendara sepeda motor.

Baca Juga: Canggih, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Bakal Punya Fly Over di Atas Rel Kereta Api, Lokasinya di Sini

Pesawat jet pribadi berjenis Beecraft Premier tersebut tersungkur di jalan raya yang cukup pada di Elmina, Shah Alam, Malaysia pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Penyebeb kecelakan pesawat jet pribadi di Malaysia tersebut diduga karena mengalami kegagalan teknikal, muatan tidak stabil atau, kerusakan mesin.

Di Indonesia sendiri, beberapa kecelakaan pesawat yang merenggut banyak korban tercatat dalam sejarah yang disebabkan oleh berbagai hal.

Berikut merangkum lima kecelakaan pesawat paling fatal yang pernah terjadi di Tanah Air.

1. Garuda Indonesia 152

Kecelakaan pesawat yang mengerikan terjadi pada Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan pada 26 September 1997.

Baca Juga: Destinasi Wisata Air Favorit di Sumatera Barat, Mulai dari Pantai hingga Air Terjun Lengkap Tersedia di Sini!

Pesawat penumpang tersebut bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dengan pilot Kapten Rahmo Wiyogo, Co-Pilot Tata Zuwaldi, 12 Pramugari, 222 penumpang dan 12 awak.

Pada saat kejadian, kebakaran hutan terjadi di Sumatera yang menghasilkan asap tebal. Terbatasnya pandangan membuat pilot mengandalkan navigasi dari Air Traffic Controll (ATC) saat akan mendarat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat