bdadinfo.com

Cantiknya Istri Bung Hatta, Keturunan Aceh yang Akhirnya Mantap Memilih Orang Minang Meski Dijodohkan - News

Mohammad Hatta dan Siti Rahmiati Hatta (Dok: BPK Penabur)

- Mohammad Hatta atau sosok yang juga dikenal sebagai Bung Hatta merupakan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.

Berbicara mengenai Bung Hatta, beliau merupakan orang yang memiliki banyak sisi menarik. Salah satunya adalah ucapannya yang menyatakan tidak akan menikah sebelum Indonesia Merdeka.

Singkat cerita, Bung Hatta pun menikah setelah Indonesia merdeka dengan seorang gadis cantik keturunan Aceh yang bernama Siti Rahmiati Hatta.

Baca Juga: Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan Atensi Sentra Mulya Jaya Kemensos RI

Siti Rahmiati Hatta atau oleh para kerabat dekatnya memanggil dengan sebutan Yuke, merupakan wanita yang lahir di Bandung pada 16 Februari 1926.

Istri Bung Hatta tersebut memiliki darah keturunan Aceh dari pihak ibu. Ibunya bernama Siti Satiyah Anni adalah putri dari Tengku Muhammad Nurdin yang berasal dari Aceh.

Tidak hanya Aceh, Siti Rahmiati Hatta juga memiliki darah suku Jawa yang berasal dari pihak ayah.

Baca Juga: Pelajar yang Terlibat Tawuran, Siap-siap Kartu Jakarta Pintarnya Dicabut!

Ayahnya sendiri bernama Abdul Rahim, seorang pria yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Nama Yuke sendiri juga terlahir melalui adat istiadat dan kebiasaan masyarakat Jawa.

Umumnya, anak perempuan yang paling tua atau lebih tua kerap disapa dengan ‘Yu’ kependekan dari ‘mbakyu’ yang artinya kakak perempuan.

Lebih lanjut, saat era kolonial Belanda saat itu, seorang perempuan acapkali mendapat imbuhan ‘ke’ yang kemudian membuat Siti Rahmiati Hatta dipanggil Yuke.

Baca Juga: Resmi Dibuka Bupati Eka Putra, MTQ N Kecamatan Sungayang Diikuti 287 kafilah

Ayahnya, Abdul Rahim adalah seorang teman dekat dari Presiden Soekarno. Ia membesarkan Siti Rahmiati dengan baik termasuk memberikannya pendidikan kepada anak perempuannya tersebut.

Berkat didikan dari sang ayah itulah membuat Siti Rahmiati Hatta tumbuh menjadi gadis cerdas yang tampak menonjol dibandingkan dengan para wanita sebanyanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat