bdadinfo.com

Athari Menjadi Narasumber dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang - News

Athari Menjadi Narasumber dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang

- Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Athari Gauthi Ardi didaulat jadi pembicara dalam acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang se-Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto, yang dilaksanakan pada Jumat, 4 November- Sabtu, 5 November 2022 di salah satu hotel di Kota Padang.  

Selain Athari pembicara lainnya yaitu Anggota DPR RI, Ahmad Sahroni, dan Anggota DPRD Sumbar, Deswanto.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi. Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan kepada Bundo Kanduang untuk memberikan perhatian kepada keluarga dan generasi muda.

Baca Juga: Tak Ingin Berkoar Tanpa Kepastian, Athari dan Menteri PUPR Umumkan Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik

"Kalau para Ibu punya pendidikan yang berkualitas Insya Allah akan melahirkan rumah tangga yang berkualitas pula," ujar gubernur.

Sebagai narasumber Athari menyampaikan berapa pentingnya posisi Bundo Kanduang di Tanah Minang terutama dalam menjaga nilai-nilai adat dan Istiadat. 

"Ditengah pengaruh budaya luar saat ini, Bundo Kanduang memiliki peranan penting untuk menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam adat-istiadat kita. Bundo Kanduang menjaga nilai itu mulai dari rumah yang merupakan lingkungan sosial paling inti bagi setiap orang," ujar Athari. 

Baca Juga: Rupanya Jadi Suami! Tak Percuma Gritte Agatha Pacaran 10 Tahun, Ini Tipsnya Bisa Bertahan

Kemudian Athari juga menyampaikan bahwa nilai falsafah, Adat basandi Syara', Syara' basandi kitabullah (ABS-SBK) tidak boleh pudar dan harus terus dilestarikan. 

"Adat basandi Syara', Syara' basandi kitabullah merupakan kunci utama bagi kita sebagai orang Minang. Oleh karena itu jangan sampai falsafah ini tidak diketahui oleh para generasi kita, ini harus terus menjadi pegangan oleh generasi kita," ujar Athari. 

Athari menegaskan kalau ia berkomitmen untuk bersama-sama menjaga falsafah tersebut. 

"Untuk itu kita semua secara bersama-sama harus ikut serta menjaganya (ABS-SBK). Saya sebagai generasi muda terus belajar dan berkomitmen falsafah ini terus ada di dalam diri dan keluarga saya," tegas Athari. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat