bdadinfo.com

Tanda-Tanda Bencana Alam yang Perlu Diketahui, Yuk Simak! - News

Bencana alam (Foto: ngalih.id) (Mohammad Rio Armandaru)

 

 

Bencana alam dapat terjadi kapan pun dan di mana pun dan sulit untuk diprediksi. Namun, terkadang alam memberi pertanda akan datangnya bencana alam.

Oleh karena itu, untuk warga yang tinggal di daerah yang rawan terkena bencana sebaiknya mengetahui tanda-tanda akan datangnya bencana alam sebagai langkah antisipasi.

Dikutip dari website science101.com, berikut tanda-tanda akan datangnya bencana alam:

1. Langit berubah warna jadi kehijauan

Bila melihat langit yang berwarna kehijauan, jika berada di luar, segeralah mencari tempat yang aman. Langit yang berwarna kehijauan ini menandakan badai akan segera datang. Dapat dikatakan demikian karena warna hijau tiba karena sinar matahari yang terhambat awan tebal dan hitam.

Baca Juga: 3 Laptop Banderol Belasan Juta, Intip Harga Seken Bikin Menggiurkan

2. Air laut yang tiba-tiba surut

Perlu diketahui, air yang tiba-tiba surut adalah pertanda akan segera datangnya bencana tsunami. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya gempa di dasar laut, air laut akan bergerak ke pusat gempa, selanjutnya akan bergerak cepat menuju dataran.

3. Migrasi hewan secara mendadak

Hewan pada umumnya lebih sensitif pada alam. Migrasi hewan secara mendadak dari habitatnya pertanda akan adanya bencana gempa bumi dan erupsi gunung. Oleh karena itu, jika hewan-hewan sekitar berperilaku demikian, segeralah bersiap diri dan carilah informasi perkiraan musibah dari BMKG ataupun pemerintah yang terkait.

Baca Juga: Tamu Ngunduh Mantu Kaesang Dilarang Pakai Batik Motif Parang, Ini Alasannya

4. Bunyi gemuruh saat hujan atau setelah hujan

Perlu diketahui, jika tinggal di pemukiman dengan dataran rendah dan yang rawan terdampak banjir, jika mendengar suara gemuruh saat hujan atau sesudah hujan, segeralah berpindah ke tempat yang lebih tinggi karena bunyi tersebut berasal dari luapan air sungai atau aliran air yang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat