bdadinfo.com

Gunung Kerinci Erupsi Setinggi 700 Meter, Warga Masih Beraktivitas Normal - News

Semeru Erupsi! Gunung Kerinci Kembali Muntahkan 2 Kali Semburan Abu Vulkanik yang Cukup Tebal (Instagram @pesonakerinci)

- Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat mengalami erupsi pada pukul 08.22 WIB pagi tadi.

Berdasarkan laporan petugas pos pengamatan Gunung Kerinci, ketinggian erupsi Gunung Kerinci mencapai 700 meter di atas puncak. Akibatnya wisatawan hanya diperbolehkan beraktivitas dalam radius lebih dari 3 km dari kawah aktif.

"Untuk warga tidak ada evakuasi. Masyarakat masih beraktivitas seperti biasa. Kondisi Gunung Kerinci saat ini tertutup kabut, ketinggian abu 700 meter di atas puncak" ujar salah satu petugas, Irwan Safwan kepada wartawan pada, Selasa, 6 November 2022.

Baca Juga: Mendunia, Kisah Penghuni Gunung Kerinci Hingga Jalur Bukit Barisan di Sumatera, Disebut Bermukim dalam Tanah

Kejadian ini juga mengakibatkan terganggunya jalur penerbangan. Petugas menyarankan agar aktivitas penerbangan juga tidak melewati area sekitar gunung tersebut.

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar gunung dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," ujar Irwan.

Hingga saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Kerinci.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat