bdadinfo.com

Semeru Tingginya 3.676 MDPL dan Termasuk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia Selain Gunung Kerinci - News

Gunung Kerinci/Instagram @pesonakerinci

– Sudah bukan lagi jika Indonesia dikenal mempunyai keindahan alam yang cantiknya luar biasa, baik itu eloknya pemandangan alam di lereng gunung ataupun eksotika bibir pantai.

Bahkan dari Sabang sampai Merauke deretan wisata alam seperti gunung ataupun pantai jumlahnya tidak bisa dihitung. Namun yang jelas wisata alam tersebut mampu menyumbangkan pendapatan bagi negara.

Akan tetapi pada kesempatan ini, kita hanya membahas deretan gunung tertinggi di Indonesia, yang bahkan salah satunya ada gunung wajib bagi penakluk seven summit in the world.

Baca Juga: Festival Teh dan Kopi, PT Mitra Kerinci Bersiap Produksi Teh Organik di Solok Selatan 

Berikut deretan gunung tertinggi di Indonesia yang rangkum dari berbagai sumber:

1. Gunung Sumbing - 3371 mdpl

Gunung Sumbing terletak di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya, terletak di sebelah barat daya Kota Temanggung dan sebelah timur Kota Wonosobo. Gunung ini juga punya kembaran lho yaitu Sindoro. Pemandangan gunung dijamin elok karena melihat sabana, golden sunrise dan surutnya senja.

Adapun untuk yang tertarik menapaki mantapnya Gunung Sumbing, anda bisa melewati beberapa jalur yang sering digunakan untuk mendaki di antaranya jalur Garung di Wonosobo dan jalur Kaliangkrik di Magelang. Sedangkan untuk estimasi pendakian dari basecamp ke puncak membutuhkan waktu 2 hari.

2. Gunung Slamet – 3421 mdpl

Gunung Slamet merupakan salah gunung berapi aktif di Indonesia. Secara administratif gunung ini diapit lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal dan Pemalang.

Berdasarkan data dari Badan Geologi ESDM Gunung Slamet terakhir mengalami erupsi pada 1988, 2009, dan 2014.

Namun, tidak usah khawatir, walaupun Gunung Slamet adalah gunung berapi tapi ramai kok pendaki yang berkunjung. Untuk jalur yang terkenal bisa lewat jalur Bambangan, Purbalingga ataupun jalur Guci, Tegal.

3. Gunung Latimojong – 3478 mdpl

Gunung Latimojong menjadi puncak berikutnya dan salah satu puncak tertinggi di tanah Sulawesi. Secara administratif Latimojong atau juga dikenal Rantemario berada di Enrekang, Sulawesi Tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat