bdadinfo.com

Brian Putra Bastara Ajak Anak Muda Sumbar ‘Melek’ Bisnis Pertanian, Kehutanan dan Perikanan - News

Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar Brian Putra Bastara

- Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menjadi sektor yang mendominasi dalam struktur ekonomi Sumatera Barat. Menurut data BPS Sumatera Barat, ketiga sektor tersebut setidaknya mengisi 20,99%  PDRB Sumatera Barat pada triwulan III, tahun 2022.

Terkait itu, Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar Brian Putra Bastara angkat bicara. “Saya khawatir anak muda tidak mau lagi melirik bisnis di bidang pertanian, kehutanan sama perikanan. Dalam struktur ekonomi Sumbar ketiga sektor inikan termasuk yang terbesar. Yang kita butuhkan itu bukan hanya meneruskan sektor ini tapi juga bagaimana caranya harus naik level,” ungkap pengusaha muda tersebut.

Brian mengatakan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan adalah sektor yang fundamental. “Saya banyak berteman dengan yang usianya 20 tahunan. Mereka itu pengennya kerja yang ada kesan kerennya. Yang kotor-kotor kena tanah dan bau ikan mereka agak kurang suka. Padahal inikan sektor yang fundamental dan ga akan mati,” lanjutnya.

Baca Juga: Tanggapi Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Kampus, Brian Putra Bastara: Harus Segera Diselesaikan!

Pria 30 tahun itu mengatakan bahwa pemaksimalan penggunaan teknologi akan membantu untuk dalam mengembangkan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

“Memang, ketiga sektor bisnis inikan karena berkat alam Sumbar yang mendukung, saya yakin betul pemain lama disini paling mengerti memaksimalkan hasil dari alam. Tapi begini, saya pikir tidak cukup sampai di sana. Saya berpikir bahwa anak muda sangat bisa hadir di ketiga sektor ini, anak muda yang kreatif, pekerja keras dan mau berpikir lebih untuk menaikkan level usaha. Pemanfaatan teknologi akan sangat membantu,” sebut Brian lagi.

Lebih jauh, Brian mengatakan akan mengusahakan bentuk kontribusinya dalam memajukan ketiga sektor ini. “Kita akan usahakan ini, bukan cuma melanjutkan estafet sektor pertanian, kehutanan sama perikanan, tapi bagaimana sektor ini bisa level up, menaikkan taraf kesejahteraan bagi Sumbar. Semoga semakin banyak anak muda yang melek dengan peluang ini,” pungkasnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat