bdadinfo.com

Gunung Kerinci Erupsi, PVMBG Penting Ingatkan Warga Lakukan Ini - News

Gunung Kerinci erupsi, ayo masyarakat lakukan ini (PVMBG)

- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG mengimbau warga kerinci Jambi untuk waspada, karena Gunung Kerinci Erupsi pukul 05:46 WIB pada Rabu 11 Januari 20243.

Gunung Kerinci erupsi ini lokasinya berbatasan dengan Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang.

Gunung Kerinci erupsi Rabu kemarin dengan tinggi kolom letusan teramati kurang lebih dari 900 meter di atas puncak, kurang lebih dari 4705 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Hotman Paris Ungkap Detik Detik Kronologi KDRT yang Dialami Venna Melinda, Tulang Rusuk Diduga Patah

Baca Juga: Fajar Sadboy Tanggapi Berita Hoaks Terkait Isu Dirinya Meninggal Kecelakaan

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke arah Timur laut dan Timur. Untuk itu PVMBG menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan berbagai hal ini: 

1. Masyarakat yang berada di sekitar Gunung Kerinci dan poengunjung atau sisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci di dalam radius 3 Km dari kawah aktif

2. Sebaiknya jalu penerbangan disekitar Gunung kerinci juga dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan dengan ketinggian yang dapat menggangu jalur penenrbangan.

Baca Juga: Detik-detik Prosesi Pemakaman Jenazah Angela Hindriati, Korban Mutilasi di Bekasi

"Erupsi masih terjadi saat informasi ini dibuat," tulis akun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi  Bencana Geologi ( PVMBG).

Erupsi ini juga lebih tinggi dari erupsi yang terjadi sebelumnya. Meski dalam kondisi yang aman karena Gunung Kerinci hanya mengeluarkan debu.

PVMBG mengimbau untuk tetap waspada guna menghindari terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga ikut me-retweet informasi itu pada hari rabu 11 Januari 2023.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat