bdadinfo.com

Profil Ganjar Pranowo, Gubernur Nyentrik yang Namanya Dielukan jadi Presiden - News

Merespons Jokowi, Ganjar Malah Posting Foto Ubah Gaya Rambut Putih, Apa Motifnya (Instagram @ganjar_pranowo)

- H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. lahir 28 Oktober 1968 merupakan politisi PDIP yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Ganjar Pranowo menjabat Gubernur Jawa Tengah sejak 23 Agustus 2013. Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004–2009 dan 2009–2013.

Baca Juga: Alasan Guntur Soekarnoputra Ogah Dukung Puan Maharani di Pilpres demi Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo dilahirkan di daerah Karanganyar, dari ayah bernama Parmudji Pramudi Wiryo dan ibu bernama Sri Suparni. Lahir dengan nama Ganjar Sungkowo, ia merupakan anak kelima dari enam bersaudara.

Ganjar Pranowo bersekolah di SMP Negeri 1 Kutoarjo atau saat ini menjadi SMP Negeri 3 Purworejo. Lulus dari sekolah menengah pertama melanjutkan di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. 

Baca Juga: Ada Acara Apa Ganjar Ditinggal? Yenny Wahid Justru Bareng Anies ke Singapura

Ganjar kemudian kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Selama masa kuliahnya di UGM, Ganjar mengaku sempat cuti kuliah selama dua semester akibat tidak memiliki biaya untuk perkuliahan.

Ganjar juga meraih gelar master (S2) di jurusan Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Ganjar awalnya menjadi simpatisan PDI, kemudian di tahun 1996, PDI dilanda konflik internal antara pendukung Soerjadi dan Megawati Soekarnoputri sebagai representasi trah Bung Karno, bapak pendiri bangsa. 

Ganjar ikut mendukung Megawati, meskipun ayahnya adalah seorang polisi sedangkan kakaknya seorang hakim yang pada Orde Baru seluruh pejabat publik dilarang berpolitik dan harus mendukung Golkar sepenuhnya.

Ganjar akhirnya memilih berkarier di politik lewat Partai PDIP yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Ganjar maju menjadi calon gubernur dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, berpasangan dengan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. 

Ganjar-Heru yang dikenal masyarakat melalui slogannya dalam bahasa jawa mboten korupsi mboten ngapusi (tidak korupsi tidak membohongi).

Ganjar-Heru ini keluar sebagai pemenang dengan total perolehan suara mencapai 48,82%. Pelantikan Ganjar sebagai gubernur dilaksanakan hari Jumat, 23 Agustus 2013 oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat