bdadinfo.com

Survei Terkini PWS, Anies dan Ganjar di Bawah Prabowo Subianto - News

Ceria Anies dan Ganjar. (medsos  Anies Baswedan)

 

 - Kejutan hasil survei bakal Capres  2024 terkini datang dari Political Weather Station (PWS). Bedadengan banyak lembaga survei lainnya, PWS menyebut  tingkat elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo berada di bawah Prabowo Subianto.
 
Survei terkini dilakukan pada Januari 2023, Prabowo Subianto masuk di urutan paling teratas.
 
Berdasarkan hasil survei PWS yang dipilih responden, persentase elektabilitas Prabowo Subianto apabila terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024 mencapai 32,1 persen.
 
 
 
Prabowo Subianto yang saat ini masih menjabar sebagai Menteri Pertahanan masuk ke dalam survei elektabilitas bersama tokoh-tokoh politik lainnya sebagai bakal calon presiden versi PWS. 
 
Dikutip News dari Okezone, Peneliti PWS Shazarani memaparkan langsung hasil survei pada bulan Januari 2023 secara daring. 
 
"Elektabilitas capres hasil survei PWS kali ini menunjukkan bahwa Prabowo Subianto masih leading atas capres-capres lainnya," ujar Shazarani sebagaimana dikutip . pada 5 Februari 2023.
 
 
Selain Prabowo Subianto, ia juga menjelaskan persentase tokoh lainnya seperti Ganjar Pranowo yang berada di urutan kedua dan ketiga diisi oleh Anies Baswedan. 
 
Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jawa Tengah berdasarkan hasil survei elektabilitas berada pada posisi kedua dengan persentase 20,5 persen. 
 
Sementara hasil survei berdasarkan jawaban responden terhadap elektabilitas Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 menempati posisi ketiga dengan persentase sebanyak 19,8 persen.
 
Tiga nama yang disebut Shazarani merupakan kandidat terkuat yang memiliki elektabilitas di mata publik.
 
Sedangkan untuk elektabilitas nama-nama tokoh politik lainnya justru mengalami hal yang sebaliknya, hasil survei semakin tidak beraturan.
 
Nama-nama tokoh politik lainnya yang masuk dalam daftar elektabilitas calon presiden seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Thohir hdan Sandiaga Uno menunjukkan hasil survei yang lebih rendah, yakni berada di bawah 10 persen.
 
Cara PWS dalam mengumpulkan data hasil survei yakni dengan cara melakukan interaksi dengan para responden atau teknik wawancara.
 
Pengambilan data survei dilakukan selama sembilan hari sejak tanggal 23 sampai 31 Januari 2023.
 
 
Sebanyak 1200 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis dilakukan PWS guna mendapat jawaban terkait elektabilitas calon presiden.
 
Perlu diketahui bahwa PWS sebelumnya juga pernah mengadakan survei elektabilitas calon presiden dengan melakukan simulasi terhadap 11 nama tokoh politik.
 
Namun pada hasil survei yang dilakukan pada November 2022 lalu menunjukkan bahwa Prabowo Subianto kokoh berada di urutan pertama sebagai tokoh yang dianggap mampu dan dipilih untuk memangku atau menduduki suatu jabatan dalam pemerintahan.***
 
Sumber: Okezone.com
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat