bdadinfo.com

Erick Thohir Sebut 6 Stadion ini yang Pertama Gunakan VAR di Indonesia - News

Erick Thohir Sebut 6 Stadion ini yang Pertama Gunakan VAR di Indonesia. (pssi.org)

- Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebutkan, bahwa Indonesia sebentar lagi akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) untuk pertama kalinya, dan akan dipasang di enam stadion.

Erick Thohir mengatakan, keenam stadion yang akan dipasang VAR adalah stadion yang nantinya akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. 

Erick Thohir menilai, dengan adanya VAR di Piala Dunia U-20 2023, hal tersebut dapat  menjadi momentum untuk meningkatkan standar sepak bola negara kita.

Baca Juga: Erick Thohir Pantau Persiapan Piala Dunia U-20 2023: Stadion Manahan Sangat Siap

Hal tersebut diungkapkannya ketika sedang meninjau salah satu stadion yang diproyeksikan PSSI untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 yakni, Stadion I Wayan Dipta, Bali.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC) ini menuturkan, jika selama gelaran Piala Dunia, pihaknya akan melihat bagaimana pengaplikasian VAR tersebut di keenam stadion.

Dirinya berujar, apabila dimungkinkan untuk menggunakan VAR usai Piala Dunia, maka PSSI akan mempertimbangkan untuk mengaplikasikannya saat kompetisi Liga Indonesia musim depan. 

Baca Juga: Tidak Puas dengan Piala Dunia U-20, Erick Thohir Bidik Indonesia Jadi Tuan Rumah World Cup 2034

“Di enam stadion akan dipasang fasilitas VAR. Kita berharap setelah melihat sistem kerjanya, kita bisa memakainya usai Piala Dunia U-20. Daripada usai turnamen fasilitas dicopot, kalau memungkinkan kita beli sekalian. Tapi ini tentu harus dapat persetujuan FIFA. Doakan saja,“ kata Erick, keterangan tertulis dikutip , Minggu, 12 Maret 2023.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 2023 akan digelar 21 Mei hingga 11 Juni di enam kota. Selain Bali dengan Stadion I Wayan Diptanya, ajang ini akan diselenggarakan juga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). 

Sebelum kedatangan 24 kontestan Piala Dunia U-20 ke Indonesia, FIFA akan melakukan pengecekan akhir kondisi semua stadion pada 21-27 Maret mendatang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat