bdadinfo.com

Tinjau Stadion JIS untuk Persiapan Piala Dunia U-17, Menteri Basuki: Agar Dapat Penuhi Standar FIFA - News

Jakarta International Stadium (JIS). (Instagram @jakintstadium)

- Hari ini, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) beserta Gubernur PJ dan Menteri PU melakukan kunjungan lapangan ke Stadion Jakarta International Stadium (JIS) guna melakukan evaluasi. 

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memastikan bahwa stadion ini memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIFA dalam persiapan ajang sepak bola U-17 yang akan datang. 

Dalam kunjungan ini, Menteri Pekerjaan Umum, Basuki, turut hadir dan memberikan pandangannya terkait kondisi lapangan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Pimpinan Perusahaan Terkemuka di Australia untuk Jajaki Peluang Investasi

"Mengacu pada pengalaman, kami perlu melakukan beberapa peningkatan agar dapat memenuhi standar FIFA. Ketika kami melihat Stadion JIS ini, sangat bagus, tetapi kami harus melakukan evaluasi jika nantinya diperiksa oleh FIFA, kami berharap dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan," ujar Menteri Basuki di Stadion JIS Selasa 4 juli 2023

Dalam evaluasi yang telah dilakukan oleh tim teknis PSSI sebelumnya, beberapa aspek perlu ditingkatkan agar Stadion JIS memenuhi standar FIFA. 

Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah kondisi rumput lapangan, Menurut ahli, termasuk pihak yang bertanggung jawab dalam persiapan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk Asian Games, kondisi rumput saat ini jelas tidak memenuhi standar FIFA.

Baca Juga: Bukan Hanya Dibidang Entertaining, Ternyata Erina Gudono Juga Menguasai Ilmu yang Dimiliki Elon Musk

Untuk memperbaiki kondisi rumput tersebut, diperlukan dana sebesar Rp6 miliar.

Selain perbaikan rumput, Menteri Basuki juga menjelaskan bahwa akses masuk ke Stadion JIS akan diperbaiki dan ditambahkan di sejumlah titik. 

Saat ini, hanya terdapat satu akses ke stadion yang ada, yang menurut Menteri Basuki merupakan situasi berbahaya terutama di lingkungan permukiman. 

Baca Juga: Masih Ingat Danny Drinkwater? Ia Mengaku Mau Main Bola Lagi, Mantan Klub Leicester City Bisa Jadi Pelabuhan

Oleh karena itu, rencananya akan ditambahkan lima akses lagi, termasuk dengan membangun jembatan penyeberangan untuk mengantisipasi masalah parkir yang terjadi di kawasan Ancol. 

Dengan adanya penambahan akses ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan aman untuk mengakses Stadion JIS.

Kunjungan Ketum PSSI dan Gubernur PJ beserta Menteri Basuki ini merupakan langkah awal dalam upaya meningkatkan standar stadion demi persiapan yang baik untuk ajang sepak bola U-17.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat