bdadinfo.com

Wow! Arab Saudi Bakal Bikin Kota Esports Senilai Rp7 Triliun: Klub Sepak Bola Harus Punya Tim! - News

Ilustrasi venue esports.  (dok. Millenium)

- Penggemar esports dan game memiliki tujuan wisata baru pada tahun 2024 karena Arab Saudi mengungkapkan rencana ambisiusnya untuk membangun kota esports di Riyadh, ibu kota negara tersebut.

Dengan anggaran sebesar 500 juta dollar Amerika, kota esports di Arab Saudi ini bertujuan untuk menjadikan Riyadh sebagai tujuan utama acara dan turnamen dunia, yang mampu menampung hingga 20.000 peserta.

Meskipun kota esports di Riyadh, Arab Saudi, ini dijadwalkan selesai dibangun pada tahun 2024, pemerintah juga telah mengintip peluang untuk menjadi tuan rumah World Cyber Games.

Baca Juga: 14 Komunitas Bikin Heboh Booth Suzuki di GIIAS 2023, Jajal Mobil Baru di Area Test Drive

World Cyber Games merupakan kompetisi esports tahunan yang menampilkan berbagai judul game dan menarik para atlet dari seluruh dunia.

Pembangunan kota esports yang sedang berlangsung ini merupakan bagian dari kampanye yang dikenal sebagai Visi Arab Saudi 2030.

Dalam visi tersebut, Arab Saudi bertekad mendiversifikasi ekonomi Kerajaan dengan mengurangi ketergantungannya pada minyak dan produk minyak bumi, yang merupakan ekspor utama negara tersebut.

Baca Juga: Fans Wanita MU Bakal Lakukan Protes Kembalinya Greenwood ke Skuad: Tolak Pelaku Pemerkosaan!

Di bawah bimbingan Putra Mahkota Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, Visi Arab Saudi 2030 mencakup strategi komprehensif yang berfokus pada sektor game dan olahraga.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lapangan kerja di berbagai industri sekaligus menawarkan hiburan terbaik bagi penduduk dan wisatawan.

"Kota esports merupakan perkembangan yang signifikan untuk industri esports di Arab Saudi," kata Mohammed AlQahtani, CEO Saudi Arabia Holding Co, salah satu perusahaan ekuitas swasta utama di Arab Saudi, dilansir dari laman oneesports.gg, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga: Pesan Tegas Ten Hag pada Maguire Usai Gagal ke West Ham: Pejuangkan Tempatmu atau Pergi!

"Ini adalah tanda komitmen negara untuk mengembangkan industri dan menjadi pusat global untuk esports. Kota ini diharapkan dapat menarik tim dan pemain esports besar dari seluruh dunia, dan akan menyediakan platform bagi talenta lokal untuk berkembang dan bersaing di panggung global,” lanjutnya.

Selain itu, Arab Saudi juga mendorong klub-klub sepak bola di negara mereka yang baru saja membuat gebrakan besar-besaran dengan mendatangkan bintang dunia, untuk membuat tim esports.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat