bdadinfo.com

Ini Rahasia Bisnis Sosok Rusman Maamoer dari Jual Kelapa Hingga Bisa Dirikan Supermarket Islami - News

Sosok Rusman Maamoer dari Jual Kelapa Hingga Bisa Dirikan Supermarket Islami TIP TOP (Beragam Media)

- Nama Rusman Maamoer kian mencuat sejak pengusaha asal Padang ini memperkenalkan konsep Supermarket Islami hingga mampu mendirikan Swalayan TIP TOP.

Swalayan TIP TOP sendiri merupakan sebuah jaringan supermarket asal Indonesia yang beroperasi dengan menjunjung tinggi prinsip Islami dalam kegiatan perdagangannya.

Baca Juga: Selain Penghasil Beras, Inilah 4 Fakta Menarik tentang Kota Solok, Apa Saja?

Supermarket ini mempunyai beberapa cabang di Indonesia, terkhususnya di Jakarta.

Swalayan TIP TOP menyediakan lebih dari 200 produk makanan, minuman hingga barang kebutuhan hidup lainnya.

Rusman Maamoer resmi mendirikan usahanya ini sejak tahun 1979 di kawasan Rawamangun Jakarta Timur yang dinamakan TIP TOP Plaza dalam skala kecil yakni berupa minimarket.

Rusman Maamoer, SE lahir di Padang, Sumatera Barat pada 3 November 1933. Ia tumbuh dan besar di lingkungan yangkental akan adat Minang.

Baca Juga: 5 Provinsi Terkaya dan Makmur se-Sumatera, Ternyata Nomor 1 dari Provinsi Hasil Pemekaran

Tidak hanya itu, Rusman Maamoer juga besar dalam keluarga pedagang. Ayahnya kerap mengajarkan cara-cara berdagang yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Berkat ajaran sang Ayahnya ini dan ilmu yang ia dapatkan selama menempuh pendidikan, membawa Rusman Maamoer menjadi pengusaha sukses asal Padang yang mampu mengadaptasi cara berdagang yang islami.

Dilansir dari p2k.stekom.ac.id, ketika usianya masih 11 tahun, Rusman diberikan uang oleh ayahnya sebagai modal dirinya berdagang dengan tidak memberi batasan barang apa yang harus dijualnya selama barang tersebut baik untuk kebutuhan orang lain.

Baca Juga: Update Proyek Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Sudah Sampai Mana Progresnya?

Langkah awalnya dalam berdagang yaitu menjual kelapa. Dengan menggunakan gerobak, dia membeli kelapa di rumah penduduk, dan menjualnya ke pasar dengan jarak tempuh sampai 10 Km.

Setiap pulang berdagang, Rusman lantas langsung melaporkan berapa pun pendapatannya kepada sang Ayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat