bdadinfo.com

Update Proyek Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Sudah Sampai Mana Progresnya? - News

Update Proyek Tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sudah Sampai Mana Progresnya? (pu.go.id)

 - Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau merupakan Proyek Strategis Nasional yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTT).

Jalan Tol yang digarap oleh PT Hutama Karya ini nantinya akan menghubungkan Kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu dengan Kota Lubuklinggau di Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun ruas Tol Bengkulu-Lubuk Linggau dengan panjang total ini 95,8 kilometer ini memiliki 3 seksi, dimana seksi 1 merupakan Tol Lubuklinggau-Kepahiang sepanjang 54,5 km, dan seksi 2 Kepahiang-Taba sepanjang 23,7 km, serta seksi 3 Taba-Bengkulu sepanjang 17,5 km.

Baca Juga: Update Terbaru Progres Pengerjaan Tol Binjai Langsa di Sumatera, Dapat Memudahkan Distribusi Barang dan Jasa

Lantas bagaimana progres proyek pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau yang menghubungkan kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu dengan Kota Lubuklinggau di Provinsi Sumatera Selatan?.

Saat ini baru seksi 3 Bengkulu-Taba yang sudah selesai pembangunannya, Tol seksi 3 Bengkulu telah diresmikan Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 20 Juli 2023.

Pada peresmian tol tersebut, hadir juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Bengkulu Rohidin dalam peresmian Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu.

Baca Juga: Wah Jepang Kasih Kode A Untuk Terowongan Termegah Asia Tenggara di Tol Sumatera Barat, Apa Maksudnya

"Alhamdulillah pada pagi hari ini Jalan Tol Ruas Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi dan ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Presiden Jokowi pada siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap, dengan adanya Tol ini, dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan diharapkan daya saing Bengkulu dapat meningkat dan bisa mensejahterakan masyarakat.

Lantas bagaimana progres seksi 1 dan seksi 2 yakni tol Lubuklinggau-Kepahiang dan Kepahiang-Taba?

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, prosesnya terus berjalan dan sedang persiapan untuk konstruksinya.

"Sedang persiapan dan diusahakan dalam waktu dekat akan mulai konstruksinya," kata Menteri PUPR Basuki dalam keterangan resminya.

Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden juga mengapresiasi proyek tol Bengkulu ini karena pembebasan lahan yang termasuk cepat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat