bdadinfo.com

Sejarah Hari Pramuka Sedunia 22 Februari, Tidak Lepas dari Peran Baden Powell - News

Sejarah Hari Pramuka Sedunia 22 Februari, Tidak Lepas dari Peran Baden Powell  (Pixabay )

- Hari Pramuka Sedunia atau Hari Kepanduan Sedunia diperingati pada tanggal 22 Februari setiap tahun oleh semua organisasi Pramuka di seluruh dunia. Tangal ini dipilih karna bertepatan dengan kelahiran Baden Powell sebagai pendiri gerakan kepanduan atau pramuka pada 1908.

Baden Powell dan Kepanduan tidak dapat dipisahkan. Dalam sejumlah biografi Baden Powell disebutkan, beliau mengembangkan gerakan kepanduan ke seluruh dunia.

Tahun ini merupakan 163 tahun beliau, Nah, selain itu kita juga punya hari pramuka sendiri di Indonesia yang jatuh pada bulan Agustus.

Peringatan ini sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi atas jasa besarnya dalam memberi konsep mengenai kepemimpinan, tanggung jawab, berjiwa luhur dan kesatria bagi generasi muda Baden Powell dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia yang lahir pada tanggal 22 Februari 1857.

Baca Juga: MDS Ditetapkan Sebagai Tersangka! Terancam 5 Tahun Penjara Usai Aniaya Putra Pengurus GP Ansor Sampai Koma

Bagi para anggota pramuka diseluruh dunia terutama diindonesia keberadaan beliau memang sangat penting. Sebab bagi sebagian anggota pramuka didunia menganggap tanpa adanya Baden Powell tidak ada kepanduan-kepanduan di setiap negara.

Kepanduan di dunia tumbuh khususnya di Indonesia sendiri, Banyak Tokoh Masyarakat yang terlatih tumbuh di pramuka. Banyak pihak yang menganggap terutama oara pemimpin gerakan kemerdekaan. Menilai bahwa pendidikan serta pelatihan dalam gerakan pramuka bisa digunakan untuk membentuk karakter rakyat Indonesia.

Baca Juga: Kompolnas Sebut Hasil Sidang Richard Eliezer Demosi 1 Tahun Adalah Keputusan yang Tepat

Maka tidak heran bagi sebagian besar sekolah negeri diindonesia telah mengatur kewajiban keanggotaan pramuka. Dan menjadi nilai tambahan bagi anggotanya untuk program belajar.

Kegiatan pramuka juga dianggap sebagian guru memiliki peran penting dalam kedisiplinan. Sebab bukan hanya sebuah gerakan saja tetapi membentuk sifat, mental dan spiritual seorang anak.Hari ini dibuat untuk menegaskan kembali sumpah mereka dan merenungkan bagaimana nilai-nilai Pramuka yang berusia seabad lebih tapi masih relevan di dunia saat ini.

Tujuan didirikannya Pramuka salah satunya untuk membentuk kepribadian yang lebih mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, diharapkan setiap anggotanya memiliki kepedulian terhadap mahluk hidup dan lingkungan.

Baca Juga: Jokowi Berharap Miliki Jakarta-Nusantara Layaknya AS Punya New York-Washington dan Australia Punya Melbourne

Kita bersyukur dapat belajar dan berlatih di pramuka, namun kita juga harus bisa memberikan saran, kontribusi untuk kegiatan kepramukaan dan pembangunan masyarakat.

Sejarah Hari Kepanduan Sedunia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat