bdadinfo.com

Awas! 5 Penyakit Ini Sering Diderita Anak Saat Hari Lebaran, Berikut Tips Mencegahnya - News

Ilustrasi anak sakit saat lebaran

- Tak terasa bulan Ramadhan sudah memasuki Minggu ketiganya. Ini artinya tidak lama lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri atau yang akrab disebut sebagai hari lebaran.

Hari lebaran menjadi salah satu liburan yang disenangi anak-anak. Mereka bisa melakukan berbagai macam aktivitas selama libur lebaran, mulai dari berpelesiran ke berbagai tempat, mencoba berbagai macam makanan, dan tidak ketinggalan bertemu dengan sanak saudara.

Padatnya aktivitas anak tak jarang membuat para orang tua khawatir akan kesehatannya. Biasanya, ada penyakit-penyakit tertentu yang memang menjadi langganan anak-anak selama libur lebaran.

Baca Juga: Catat! 3 Gangguan Psikologis yang Sering Kamu Temui tapi tidak Disadari

Berikut News sajikan empat penyakit yang sering diderita anak saat hari lebaran:

  1. Flu

Bertemu dengan banyak orang selama lebaran sudah pasti meningkatkan kemungkinan anak menderita flu. Udara yang lembab serta kebersihan individu yang tidak terjamin semakin mempermudah penularan.

Penggunaan masker selama berpergian bisa menjadi solusi untuk mencegah buah hati Anda menderita flu. Meminum suplemen vitamin C juga sangat dianjurkan untuk anak Anda.

 Baca Juga: Daftar Nama Permainan Anak dalam Bahasa Inggris

  1. Batuk

Sama seperti flu, batuk juga adalah penyakit yang sangat mudah menyerang anak-anak. Diperparah lagi bila daya imun anak sedang menurun selama lebaran.

Ajarilah anak untuk menutup hidungnya bila ada orang yang batuk didekatnya. Lakukan hal yang sama bila ia sendiri yang batuk untuk mencegah penularan kepada orang lain.

  1. Karies Gigi

Berikutnya adalah karies gigi. Gejala penyakit ini dapat terlihat dengan banyaknya lubang pada gigi anak. Bila tidak segera diobati, karies gigi akan menjalar ke bagian gigi yang lain dan menyebabkan gigi ompong.

 Baca Juga: 5 Fakta Lord Arnol, Si Kecil Cabe Rawit yang Gape Main Lato-Lato

Untuk mencegah karies gigi, anak harus rajin menyikat gigi minimal dua kal sekali. Anak tetap bisa menikmati aneka macam kue, keripik, dan sirup selama tidak berlebihan.

  1. Diare

Makanan bersantan seperti rendang, opor, dan gulai serta minuman bersoda yang biasa tersaji saat lebaran bisa menjadi pemicu terjadinya diare pada anak Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat