bdadinfo.com

Resmi, Kemenkes Sepakati Kerja Sama dengan China Terkait Vaksin Pneumonia Anak - News

Ilustrasi Vaksin Pneumonia Anak

- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante S. Harbuwono menyampaikan, bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjalin kerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT)/China terkait vaksin Pneumonia anak.

Wamenkes Dante mengatakan, kerja sama antara Kemenkes dengan China ini juga sebagai bentuk upaya dalam transformasi kesehatan di tanah air yang tengah digalakkan.

''Kunjungan kerja kali ini sifatnya strategis yakni mengambil momentum 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-RRT bagi kerja sama Kesehatan kedua negara dan khususnya untuk mendukung program transformasi kesehatan di tanah air,'' kata Dante, keterangan tertulis dikutip Sabtu, 8 April 2023.

Baca Juga: Respon Rocky Gerung Penolakan Gubernur Bali terhadap Israel di ANOC World Beach Games

Pemerintah Indonesia melalui Kemenkes mengapresiasi dukungan Pemerintah China terhadap transformasi yang dilakukan di tanah air dengan adanya 23 kerja sama di bidang farmasi dan alat kesehatan, rumah sakit, dan bioteknologi.

Wamenkes Dante menjadi saksi dalam penandatanganan kerja sama atau MoU antara PT Biotis Indonesia dengan Minhai Biotechnology.

Dante menyampaikan, pneumonia menjadi salah satu penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Liga Spanyol Rayo Vallecano vs Atletico Madrid, Simak Prediksi Skor, Head to Head dan Line Up Pemain

Meski demikian, dapat dicegah dengan vaksin PCV. Tahun ini, kemkes RI berencana untuk meluncurkan vaksin PCV secara nasional, dengan kebutuhan tahunan hingga 11,9 juta dosis.

Adapun hingga saat ini, seluruh vaksin PCV diimpor dalam bentuk jadi. Hal tersebut menjadi alasan Kemenkes ingin mengembangkan produk lokal dengan cara mencari teknologi dari luar negeri dan diterapkan ke Indonesia.

''Kunjungan ini sangat strategis, dimana juga menghasilkan peluang kerja sama yang lain di sektor kesehatan, seperti dalam pengembangan metode diagnostik, dan layanan kesehatan lainnya,'' Lanjut Wamenkes Dante.

Baca Juga: Simak Penjelasan Mengenai Sako dan Pusako Dalam Adat Minangkabau, Agar Tidak Salah Paham!

Selain itu, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok/China juga menyepakati perihal kerja sama vaksin di seluruh rantai industri.

''Kami berharap RRT dapat mendukung ASEAN dalam mempromosikan Mekanisme Pendekatan Satu Kesehatan yang diprakarsai oleh Indonesia,'' pungkasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat