bdadinfo.com

Makanan khas Sumatera Barat Ini Disebut oleh dr. Zaidul Akbar Memiliki Banyak Manfaat Apakah Itu? - News

Makanan khas Sumatera Barat yang disebut memiliki banyak manfaat oleh dr. Zaidul Akbar (Sari Bundo)

- Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti asal Jepang, ditemukan bahwa produk makanan tradisional orang Sumatera Barat yang dikenal dengan sebutan dadiah atau susu kerbau yang telah mengalami proses fermentasi, memiliki banyak manfaat.

Dr. Zaidul Akbar, dalam ceramahnya, mengungkapkan bahwa susu kerbau yang telah difermentasi menjadi dadih merupakan salah satu makanan sehat khas Sumatera Barat.

Dadih atau dadiah ini merupakan makanan khas suku Minangkabau, memiliki bentuk yang mirip dengan yoghurt, dan proses fermentasinya menggunakan bambu sebagai kemasan tradisionalnya.

Baca Juga: Sikap Erick Thohir soal Tragedi Kanjuruhan Diapresiasi Pengamat: Elegan dan Humanis

Makanan ini telah menjadi populer di Sumatera Barat dan menurut penjelasan dr. Zaidul Akbar, dadih memiliki kandungan yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker.

Dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa produk dadih mengandung bakteri baik yang memiliki kemampuan untuk mengurangi bakteri patogen yang berbahaya.

Konsumsi produk ini sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, selain itu, dadih juga memberikan berbagai manfaat lain seperti meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Deretan 5 Kota Metropolitan di Sumatera: Gokil! Salah Satunya Punya PDRB Rp242 Triliun

Dr. Zaidul Akbar juga menekankan bahwa jika susu kerbau yang telah diproses menjadi dadih ini dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti gula merah atau madu, maka dadih tersebut bisa dijadikan sebagai minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

"Dan sebenanrya ini kalau diolah atau custom tastenya misalnya dengan gula aren cair atau madu, dijadikan campuran minuman gitu akan lebih friendly dikonsumsi," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Namun sayangnya, menurut dr. Zaidul Akbar, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui tentang kandungan dan manfaat yang terdapat dalam dadih.

Baca Juga: Cuma Berjarak 5 KM dari Singapura, Warga Batam Bisa Nonton 3 Channel TV Luar Negeri

Mengingat begitu banyak manfaat dari mengonsumsi dadih, dr. Zaidul Akbar berpendapat bahwa penting bagi masyarakat untuk diberikan pengetahuan mengenai makanan khas asli Sumatera Barat ini.

Ia menyatakan bahwa orang Indonesia, terutama masyarakat Sumatera Barat, seharusnya merasa bangga memiliki makanan khas yang sehat seperti dadih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat