bdadinfo.com

Seperti Tembok Besar Cina! Inilah Sejarah dan Informasi tentang Janjang Saribu di Bukittinggi Sumatera Barat - News

Janjang Saribu di Bukittingi Sumatera Barat seperti Tembok Besar Cina (Piaman Explore)

- Janjang Saribu atau tangga seribu atau Janjang Koto Gadang, merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Objek wisata ini masih mempertahankan alaminya dan mengikuti alur berliku-liku menelusuri celah tebing dengan seribu anak tangga yang digunakan oleh masyarakat untuk mengambil air minum dari lembah Ngarai Sianok.

Selain itu, tempat ini juga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berolahraga jalan kaki dengan latar belakang indah dari Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Baca Juga: Mengenal 4 Suku Induk yang Membentuk Budaya Minangkabau di Sumatera Barat, Disebut Juga Marga dari Jalur Ibu

Tangga dan jalan yang dikelilingi tembok beton ini berawal dari Koto Gadang di lembah Ngarai Sianok, lalu melanjutkan perjalanan menanjak hingga mencapai Bukittinggi.

Panjang keseluruhannya sekitar 780 meter, dengan lebar jalan sekitar 2 meter dan dilengkapi dengan tembok beton yang menyerupai Tembok Besar Cina.

Di tengah perjalanan melintasi jalan dengan tembok ini, terdapat sebuah jembatan gantung yang sering disebut Jembatan Merah.

Baca Juga: Pelaku Teror Pelemparan Batu di Depok Terciduk, Korbannya Ada yang Polisi

Perjalanan dari ujung ke ujung tangga dan jalan ini memakan waktu sekitar 15-30 menit.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan, serta merasakan sensasi petualangan menelusuri rute yang menarik ini.

Janjang Saribu menjadi tempat yang menarik bagi para pengunjung untuk menyatu dengan alam dan keindahan pegunungan di Bukittinggi.

Baca Juga: Kerajinan Tenun Songket Pandai Sikek, Warisan Kemewahan Minangkabau di Sumatera Barat

Sejarah Pelintasan Janjang Saribu

Pada masa penjajahan Belanda, telah ada sebuah jalur lintasan yang serupa dengan Janjang Saribu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat